Usai Vicon dengan Asops Kapolri, Kapolda Minta Tetap Jaga Sinergitas Pengendalian Karhutla di Kalbar

Pontianak, Kalbar – Kapolda Kalbar, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, menghadiri rapat Pengendalian Kabakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melalui vicon Pimpinan Asops Kapolri di Graha Khatulistiwa Polda Kalbar, Senin (15/03) Pagi.

Hadiri dalam rapat vicon, Kasdam XII/Tpr, Wakapolda Kalbar, Pemda Provinsi Kalbar, BNPB, Manggala Agni, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, PT Telkom dan PJU Polda Kalbar untuk membahas tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan berbasis digital.

Dalam arahan Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, menjelaskan penanganan Karhutla berbasis digital bertujuan agar mendapatkan informasi titik panas Karhutla dengan akurat dan cepat. “Ada tiga cara supaya mendeteksi titik panas Karhutla dengan akurat dan cepat yaitu dengan cara pemantauan dari Satelit, CCTV dan Aplikasi Karhutla seperti Aplikasi Sipongi”. Ungkap Irjen Pol Imam Sugianto, dalam rapat vicon tersebut.

Usai mendapatkan petunjuk dari Asops Kapolri, Kapolda Kalbar, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto memberikan arahan kepada peserta. Selain pencegahan Karhutla berbasis digital, beliau mengajak Forkopimda dan unsur-unsur terkait agar tetap bersinergi dalam menangani Karhutla di Kalimantan Barat.

“Kehadiran kita disini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama untuk pencegahan dan penanganan Karhutla. Dengan kerja sama tersebut, diharapkan semua pihak dapat bersama-sama menjaga wilayahnya secara baik sehingga tidak terjadi Karhutla di Kalimantan Barat”. Tutupnya.

Penulis : Ade Shalahudin