Terima Aduan Masyarakat Soal Sawit, Yessy Kunjungi Salah Satu Pabrik Milik Perusahaan

Kab. Melawi, Kalbar – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Nasdem daerah pemilihan Kalimantan Barat II, Yessy Melania, melakukan kunjungan ke PT Semboja Inti Perkasa (PT SIP) di Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, Sabtu, (13/3) lalu. Kunjungan tersebut dilakukan karena adanya aduan masyarakat yang ia terima terkait perkebunan kepala sawit

“Kunjungan ini karena saya menyerap serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait perkebunan sawit yang berada di Kabupaten Melawi. Salah satunya adalah mengunjungi Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT SIP di Pemuar, Kecamatan Belimbing”. Ungkap Yessy.

Dikatakan Yessy, Pabrik PT SIP adalah salah satu pabrik yang menampung buah sawit dari kebun milik masyarakat. Ia juga ingin memastikan investasi di sektor perkebunan sawit di Kabupaten Melawi berjalan dengan baik dan memberikan manfaat langsung bagi kesejahteraan masyarakat lokal. Selain itu, dirinya juga ingin memastikan perizinan, manajemen dan tata kelola perusahaan sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya juga ingin memastikan hadirnya pabrik minyak kelapa sawit harus membawa dampak bagi masyarakat. Tersediannya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, pemenuhan hak-hak pekerja seperti BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan, harga beli yang kompetitif, hingga memberikan pemasukan dan peningkatan pendapatan daerah dari sektor Perkebunan”. Ujar Yessy.

Disisi lain, Yessy juga ingin menyerap dan menerima aspirasi terkait implementasi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) di lapangan yang merupakan implementasi dari amanat Inpres Nomor 8 Tahun 2018 tentang penundaan dan evaluasi perijinan serta peningkatan produktivitas perkebunan sawit.

“Saya akan berjuang di Senayan, untuk menyuarakan temuan-temuan di lapangan terkait perkebunan kelapa sawit dan industri kelapa sawit, agar konflik-konflik perusahaan dan masyarakat dapat di urai lewat payung hukum. Saya ingin melihat kedepannya perkebunan dan industri kepala sawit dapat memberikan masukan bagi daerah dan negara”. Tegasnya.

Yessy juga berpesan kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Melawi agar manajemennya melibatkan masyarakat lokal dalam melakukan pengembangan pabrik kelapa sawit. Menjalankan komitmen serta kesepakatan bersama masyarakat agar terjalin kemitraan yang saling menguntungkan dan tercipta kondusifitas yang baik di lingkungan perusahaan dan masyarakat.

Penulis : Ade Shalahudin