Sejumlah Wartawan di Kabupaten Melawi Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Kab. Melawi, Kalbar – Dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19, puluhan awak media atau wartawan di Kabupaten Melawi disuntik vaksin covid-19 dosis pertama. Selain awak media, vaksinasi juga diikuti oleh personil TNI dan Polri. Pemberian vaksin dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Nanga Pinoh, Senin (15/3).

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, Ahmad Jawahir mengatakan pemberian vaksin kepada wartawan merupakan salah satu prioritas, karena tugas mereka dinilai cukup beresiko tertular Covid-19 dengan mobilitas tinggi.

“Pemberian vaksinasi kepada wartawan merupakan prioritas kami. Selain itu kegiatan vaksinasi hari ini juga diikuti personil TNI-Polri. Karena tempat tugas, belum semua personil TNI-Polri diberikan vaksin. Pemberian vaksin ini ada dosis pertama dan dosis kedua”. Ungkapnya.

Selain itu, Ahmad Jawahir juga mengatakan tahap pemberian vaksin saat ini masih diprioritaskan pada pelayanan kantor-kantor pelayanan publik. Ditargetkan pada bulan April semua sudah rampung. Untuk tahap selanjutnya akan diberikan kepada guru dan masyarakat secara gratis.

“Hingga saat ini kegiatan vaksinasi dilapangan berjalan lancar. Tapi masih ada yang takut dengan jarum suntik”. Selorohnya kepada awak media.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan untuk tahap selanjutnya lansia juga sudah bisa diberikan vaksin dan beberapa penyakit penyerta. Terkait penyakit penyerta atau bawaan seperti diabetes atau tekanan darah tinggi masih bisa toleransi untuk diberikan vaksin. Indonesia juga merupakan termasuk negara yang memberikan vaksin gratis kepada rakyatnya.

“Untuk penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi masih bisa diberikan toleransi, kecuali sudah terlalu tinggi tekanannya maka tidak bisa atau tidak boleh. Saya berharap menjelang puncak lebaran sudah diatas 50 persen pemberian vaksinasi di Kabupaten Melawi tercapai”. Tutupnya.

Sementara itu, Lilik Hidayatullah, salah satu wartawan mengatakan setelah disuntik vaksin dirinya merasa sedikit pegal-pegal pada bagian lengan yang disuntik serta sedikit mengantuk. “Sebelum di vaksin agar makan atau sarapan dulu dan jaga pola makan serta istirahat yang cukup”. Ujar Lilik.

Penulis : Ade Shalahudin