Sampah B3 Beracun di Jadikan Satu

Untuk apa sampah di pilah oleh masyarakat kalau pada kenyataannya jenis sampah di satukan kembali  oleh Dinas Kebersihan ……??

Payakumbuh, Sumbar –  Tugas dan fungsi Dinas Kebersihan dan lingkugan hidup Kota Payakumbuh selaku instansi pemerintah bertugas memberi perlindungan dan mengelola lingkungan hidup bagi masyarakat kota Payakumbuh.

Sebagai sosial control dan menjunjung kode etik jurnalistik pasal 3 dimana wartawan Indonesia harus menguji kebenaran informasi, yang di dapat dari Nara sumber maupun hasil temuan di lapangan.

Melalui surat permohonan informasi publik nomor: 018.02/PIP.RED/2021, pihak redaksi memperoleh balasan surat nomor ; 660/496/PGWS/2021 yang di tanda tangani oleh DAFRUL PASIM. S.IP.MM yang di terima pada 10 Maret 2021.

Sangat di sayangkan jawaban surat tidak lah relevan, maka media online metroindonesia.id dari hasil mengolah data dan informasi membenarkan informasi dari masyarakat bahwa Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkugan Hidup tidak dapat memberi perlindungan kepada masyarakat Kota Payakumbuh.

Masyarakat memilah sampah sesuai jenis sampah

Dimana Dinas Kebersihan dan Lingkugan Hidup telah mencampur berbagai jenis sampah menjadi satu dalam truk pengangkut sampah yang telah di pilah oleh masyarakat sesuai kriteria masing masing warna yang ada di tong sampah.

Sampah B3 Harus memiliki pengolahan khusus

Kepada metroindonesia.id, masyarakat menyampaikan ke khawatiran nya pengolahan sampah B3 pada Tong sampah berwarna merah yang di campur menjadi satu dengan jenis sampah lainnya.

Dalam jawaban surat DAFRUL PASIM mengakui dalam  hal tersebut dengan alasan belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, maka sampah B3 di buang di TPA Regional.

Sangat disayangkan DAFRUL PASIM tidak memberikan penjelasan apakah sudah memiliki ijin mengelola sampah B3 dari Walikota atau Gubernur, sesuai Undang-undang tentang pengelolaan sampah B3.[] Red

 

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI