Hasil Penerimaan GBD 2021 Belum Diketahui

Al Tarmizi : Penerimaan Harus Sesuai Persyaratan Perbup


INDRAGIRI HULU – RIAU – Salah seorang penggiat LSM di daerah ini, Al Tarmizi mengharapkan bahwa penerimaan Guru Bantu Daerah (GBD) tahun 2021 ini harus sesuai dengan aturan dan atau persyaratan seperti tertuang di dalam Peraturan Bupati (Perbup) Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

“Jangan ada lagi mereka yang sudah belasan tahun honor sebagai guru tidak diterima sebagai GBD. Kasihan mereka, sementara yang baru honor malah diterima sebagai GBD seperti penerimaan GBD tahun lalu, ” katanya, Kamis (11/3) di Inhu, Riau.

Hal senada juga diungkapkan salah seorang guru honor di daerah ini berinisial RR. Ia minta namanya tidak disebutkan.

“Kami guru honor di sekolah PAUD/TK, SD dan SMP banyak yang sudah mengajar belasan tahun. Namun kami belum juga diterima sebagai GBD,” ungkapnya.

Penerimaan GBD tahun 2021 ini diharafkan tidak seperti tahun sebelumnya. Pasalnya tahun sebelumnya diduga ada yang tidak memenuhi syarat sesuai dengan Perbup Inhu.

Tahun ini diharapkan sesuai dengan hukum. Produk hukum itu adalah Perbup.

“Mohon pertimbangan karna kami sudah belasan tahun honor. Syarat kami sudah sesuai aturan hukum,” papar RR

Ia mengatakan bahwa ia sudah belasan tahun honor di sekolah. Dan ia juga berharap bahwa penerimaan GBD kali ini ia dan teman-temannya yang memenuhi syarat bisa diterima.

Salah satu ketentuan dalam Perbup Inhu itu sebutnya, yakni harus sudah terdaftar di DAPODIK minimal satu tahun.

“Kami ingin menikmati honor GBD, karna honornya agak lumayan buat biaya hidup. Maklumlah kalau gaji honor selama ini sangat kecil sekali. Apakah pejabat bersangkutan tidak kasihan kepada kami” harapnya sedih.

Kepala BKD Inhu, Subrantas juga berharap penerimaan GBD tahun ini diharapkan lebih baik lagi.

“Iya pak, mudah-mudahan ke depan Inhu lebih baik lagi, ” paparnya.

Pewarta : Harmaein