Diduga Tidak Transparan, Pengelolaan Dana CSR Badan Lingkungan Hidup Purwakarta Dipertanyakan

Kab. Purwakarta, Jabar – Sebagai bank yang tumbuh berkembang di Jawa Barat. Bank BJB senantiasa mendukung segala upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini diungkap oleh ketua harian Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia, Muksin Kamis (4/3) lalu di Sekretariat Bersama IWO.

Menurut Muksin, Pengelolaan corporate social responsibility ( CSR ) di Badan Lingkungan Hidup dinilai masih belum transparan. Sebab belum ada satupun papan informasi yang di pasang oleh dinas terkait. Potensi CSR di Purwakarta cukup besar sehingga pengelolaannya harus transparan untuk memberikan kesejahteraan, keselamatan, dan keamanan warganya.

“Dari sektor CSR nilainya mencapai miliaran rupiah. Dana CSR ini bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah dan pengelolaannya harus sesuai dengan program pemerintah daerah. Kita sudah melakukan konfirmasi dengan dinas terkait namun belum mendapatkan jawaban yang Jelas”. Ujar Muksin.

Muksin juga mengatakan dalam situasi
pandemi Covid-19 seperti ini, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat membutuhkan banyak dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya adalah pengelolaan dana CSR bisa saja digunakan untuk pencegahan penyebaran dan penanganan covid-19 di Purwakarta.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Deden Guntari saat di konfirmasi mengatakan dalam pengguna Anggaran Dana CSR juga dibenarkan dari Ketua Tim Pokja yang dikucurkan dari Bank BJB.

“Ada beberapa kegiatan yang sudah terealisasi dari dana CSR dalam rekap anggaran antara lain, pembuatan gerobak sampah 66 unit Rp. 198 juta, Cator 3 unit Rp 93.200.000, pengadaan wastafel Rp 399.957.000, wisata kuliner ujung aspal Rp 110.950.000 dan lain-lainnya Rp 190.050.000, silahkan totalkan saja sendiri”. Pungkas Deden Guntari saat ditemui di ruang kerjanya.

Ketika ditanyai berapa total keseluruhan anggaran CSR yang telah digunakan, Deden Guntari enggan menjawab. Sampai berita ini diturunkan pihak Bank BJB belum bisa di konfirmasi.

Penulis : M.Yamin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI