Kapolres Humbahas Resmikan Dusun II Desa Sibuntuon Partur Kec.Lintong Nihuta sebagai Kampung Tangguh.

Kab. Humbahas, Sumut – Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H meresmikan Dusun II Desa Sibuntuon Partur Kec.Lintong Nihuta sebagai Kampung Tangguh yang sebagaimana merupakan Program Prioritas Kapolri dalam pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, _Kamis_ (04/03/2021).

Kegiatan dihadiri oleh :

-Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H.,Kasat Binmas Polres Humbahas AKP Daryanto,Kapolsek Lintong Nihuta AKP D. Habeahan, S.H,Camat Lintong Nihuta Rahmad Lumban Toruan S.Pd.MM,Danramil Lintong Nihuta Lettu Inf.Saut Marpaung,Kepala Desa Sibuntuon Partur Tagor Sariaman Sinambela,Tim Kesehatan Puskesmas Lintong Nihuta,Perangkat Desa Sibuntuon Partur serta Tokoh Masyarakat Desa Sibuntuon Partur.

Kegiatan diawali Pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu oleh Kapolres Humbang Hasundutan.

Selanjutnya Pengguntingan pita peresmian di Gapura pintu masuk Dusun II Desa Sibuntuon Partur yang kemudian Kapolres Humbahas disambut dengan Ulos oleh Tokoh Masyarakat.

Kapolres Humbahas mengatakan, bahwa kampung tangguh bertujuan sebagai media penggerak masyarakat untuk penanganan Covid-19 dan kejahatan lainnya seperti Narkoba dan radikalisme.

Marilah kita dukung Program Pemerintah untuk membuat Kampung Tangguh, yang mampu mandiri untuk menghadapi Covid-19.

Asas keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Berangkat dari hal ini TNI POLRI bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dengan melibatkan tokoh masyarakat, Agama dan adat menginisiasi membangun kampung tangguh.

Pendirian kampung tangguh merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam mengajak masyarakat untuk bergotong royong dalam menghadapi pandemi seperti sekarang ini, Kata Kapolres.

Kedepan dalam penanganan problem solving masalah yang ringan diselesaikan di Desa saja dengan melibatkan Kapolsek, Danramil, Camat, Kades, Tomas Todat setempat tanpa melaporkan ke Polres ataupun ke Polsek, kita selesaikan bersama di desa, Ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, kampung tangguh ini juga dibuat untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat Desa Sibuntuon Partur.

Dengan ketahanan pangan diterapkan melalui konsep “urban farming” di lahan terbatas berupa bercocok tanam sayuran hingga ternak.

“Jadi kami mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Desa Sibuntuon Partur yang mendukung terbentuknya Kampung Tangguh sebagai partisipasi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran dan pencegahan Covid-19. Serta menjadi solusi diberbagai bidang ekonomi, sosial dan keamanan sehingga menjadi nilai dan semangat gotong royong,” ucapnya.(B.S/Humas Polres)