Yessy Melania, Akan Pastikan Pembinaan Kepada Petani Muda milenial.

KABUPATEN MELAWI, KALBAR – Sektor pertanian di Kabupaten Melawi dinilai belum maksimal, oleh karena itu, Yessy Melania anggota DPR RI Komisi IV bekerjasama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) khusus petani milenial Rabu (3/3/2021) di Aula Kurnia Waterpark Kabupaten Melawi.

Yessy Milenia mengatakan dalam bimtek ini sengaja di pilih pemuda-pemudi milenial dengan tujuan menyiapkan generasi di sektor pertanian yang berkelanjutan. Kelompok yang telah mengikuti pelatihan akan dilakukan pembinaan ke depan. Selain itu pelatihan ini juga ingin merubah pola pikir petani yang identik dengan alat-alat pertanian tradisional.

“Sengaja kita pilih generasi muda dalam bimtek ini dengan harapan ada regenerasi di sektor pertanian. Ke depan, kelompok petani muda ini akan kita lakukan pembinaan. Bimtek ini bukan hanya materi kelas, tetapi ada juga praktek lapangan bagi petani muda. Bimtek ini bukan hanya acara seremonial saja”. Tandasnya.

Sementara itu, Kepala UPT BPPSDMP Binuang Kalimantan Selatan, Purnadi mengatakan pertumbuhan pertanian di masa pandemi covid-19 tetap bertahan dan terus meningkat. Akan tetapi dengan peningkatan tersebut seharusnya diikuti dengan kesejahteraan petani itu sendiri. Kaum milenial merupakan potensi SDM yang perlu digarap demi keberlanjutan generasi di sektor pertanian.

Dalam bimtek ini peserta juga diajarkan bagaimana cara membuat pupuk organik buatan oleh Komunitas Barisan Energi Inspirasi dan Harapan (BENIH) Kabupaten Melawi. Pelatihan di tutup secara resmi oleh Yessy Melania.

Penulis : Ade Shalahudin