Dadi Sunarya Usfa Yursa, Resmi Melantik 111 Kades Terpilih Se-Kabupaten Melawi

KABUPATEN MELAWI, KALBAR – Bupati Kabupaten Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, di dampingi Wakil Bupati Melawi, Kluisen hari ini, Rabu (3/3/2021) pukul 09.00 WIB melantik 111 kepala Desa se Kabupaten Melawi hasil Pemilihan Kepala Desa serentak tanggal 22 Desember 2020 lalu di halaman rumah jabatan Bupati.

Dalam sambutannya Dadi mengatakan kepala desa yang dilantik memiliki kewajiban antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga Kamtibmas dan menjalin hubungan kerjasama dengan mitra pemerintahan desa serta menjalankan pemerintahan desa sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku.

“Saya berpesan kepada kepala desa yang telah dilantik bahwa salah satu tugas penting kepala Desa adalah memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Kepala desa harus bisa bersinergi dengan mitra kerjanya di lingkungan pemerintahan Desa. Selain itu, pemerintah desa juga harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Jangan sampai dalam pengelolan pemerintah desa berurusan dengan hukum”. Pesannya.

Ditempat yang sama kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Hasanuddin mengatakan Kepala Desa yang telah dilantik agar menjalankan roda pemerintahan desa secara demokratis. Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kepala Desa yang baru dilantik sangat penting. Namun anggaran itu adanya di Pemerintahan Desa.

“Kepala Desa yang baru dilantik seyogyanya wajib mengikuti Bimtek, hanya saja anggaran kegiatan tersebut berada di Desa jika ada. Bukan hanya kepala desa saja yang mengikuti Bimtek, perangkat desa, BPD juga wajib mengikuti Bimtek untuk kelancaran roda Pemerintahan Desa”. Ucapnya.

Ditanya awak media soal ada salah satu kepala desa yang diduga menggunakan ijazah palsu, Hasanuddin mengatakan itu memang sudah dilaporkan oleh masyarakat ke pihak yang berwajib. secara perosedur pemilihan Kepala Desa tidak ada masalah dan Kepala Desa tersebut tetap mengikuti pelantikan hari ini.

“Saat ini memang ada satu Kepala Desa yang di laporkan oleh masyarakat atas dugaan ijazah palsu, namun itu tidak menghambat Kades tersebut untuk mengikuti pelantikan. Saat ini kami belum mengetahui hasilnya dari kasus tersebut. Secara prosedur Pilkades tidak ada masalah dari tingkat panitia di Desa sampai Kabupaten”. Pungkasnya.

Tampak hadir dalam pelantikan Kades Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Melawi, LO Dandim 1205 Sintang dan Camat se Kabupaten Melawi. Kegiatan pelantikan dilaksanakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

Penulis : Ade Shalahudin