Tingkatkan Sektor Pertanian, BPPSDM Kementerian Gelar Bimtek Petani dan Penyuluh

KABUPATEN MELAWI, KALBAR – Dalam upaya memperkuat sektor pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR-RI bekerjasama menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani dan Penyuluh di Aula Kurnia Waterpark, Kabupaten Melawi, Selasa, (2/3/202).

Peserta bimtek berjumlah 55 orang terdiri dari kelompok tani muda dengan menghadirkan pemateri dari balai Binuang Kalimantan Selatan. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPR RI, Yessy Melania, Kepala UPT BPPSDM Kementerian Pertanian, Kurnadi dan Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Melawi, John Welly.

Kepala UPT BPPSDM Kementerian pertanian, Purnadi mengatakan perkembangan pertanian pada tahun 2020 naik sebesar 2.19 persen, dengan pendapatan bruto sebesar 16,24 persen. Seharusnya kenaikan ini diikuti dengan kesejahteraan Petani.

Sekretaris Distankanak Kabupaten Melawi, John Welly dalam sambutannya mengatakan mendukung pelatihan ini dan diharapkan dapat memberi kesejahteraan bagi petani. Untuk meningkatkan ekonomi sektor pertanian lebih menjanjikan.

“Kami siap bekerjasama dengan petani, dalam upaya memperkuat sektor pertanian untuk kesejahteraan petani. Banyak hal yang bisa dilakukan antara dinas dan masyarakat petani di Melawi”. Pungkasnya.

Anggota DPR RI, Yessy Melania sebelum membuka acara dalam sambutannya mengatakan di masa pandemi covid-19 hanya sektor pertanian yang mampu bertahan. Bimtek petani ini bukanlah kegiatan yang sia-sia. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat memunculkan petani muda handal di Kabupaten Melawi.

“Saya berharap dengan bimtek ini ke depan di Kabupaten Melawi akan ada komoditi unggulan. Sektor pertanian Kalbar masih lemah. Kita masih mengandalkan impor dari luar karena road map sektor pertanian kita masih belum jelas. Di masa pandemi covid-19 hanya sektor pertanian yang mampu bertahan”. Ujarnya.

Dikatakan Yessy pertumbuhan sektor pertanian sebesar 2.59 persen pertumbuhannya. Pertanian bukanlah sektor jadul, akan tetapi sektor ini akan terus maju dengan perkembangan zaman. Industri kita akan berkembang begitu juga sektor pertanian.

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Seluruh peserta yang hadir di cek suhu tubuh, wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Penulis : Ade Shalahudin