Sertijab Bupati Melawi

Dadi Prioritaskan Penangan Covid-19 dan Karhutla

KAB. MELAWI, KALBAR – Usai dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Melawi oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji,  Jumat (26/2/2021) lalu. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Kluisen disambut masyarakat dengan upacara adat berupa pemotongan ompong di rumah jabatan Bupati, Senin, (1/3/2021) pukul 09.00 Wib. Acara kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan Bupati dengan Plh. Bupati Melawi, Paulus yang juga merangkap sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi.

Dalam sambutannya, Plh Bupati Melawi, Paulus, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini ada beberapa agenda penting daerah yang harus diselesaikan. Pertama refocusing Anggaran APBD, laporan keuangan daerah kepada BPK, dan penyusunan RPJMD untuk lima tahun ke depan.

“Kegiatan dalam waktu dekat adalah refocusing anggaran sesuai sesuai PMK nomor 17 tahun 2020, sebesar 8 persen untuk penangan covid-19 dan Karhutla. Selain itu juga penyampaian laporan keuangan daerah kepada BPK RI, direncanakan dalam waktu dua minggu harus sudah rampung. Terkait penyusunan RPJMD kami harus mampu menyajikan dan menjabarkan visi-misi Bupati terpilih dan RPJMD harus sudah menjadi Peraturan Daerah,”Ucapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi dalam mengatakan ucapan terima kasih atas penyambutan ini. Sesuai arahan Gubernur Kalbar bahwa kegiatan prioritas saat ini adalah penanganan covid-19 dan Karhutla menjelang musim kemarau ini. Selain itu juga tugas administrasi yang harus diselesaikan.

“Perlu adanya sinergitas dari semua komponen antara Pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama membangun Kabupaten Melawi ke arah yang lebih baik. Pertahankan kinerja yang sudah baik serta tingkatkan prestasi kerja untuk menuju Melawi yang adil, pantas dan hebat dan harmonis dalam keberagaman,” Ungkap Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa.

Ditempat yang sama Gubernur Kalbar, Sutarmidji melalui Asisten III, Sekundus, dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas kegiatan hari ini. Bupati terpilih harus mampu merangkul semua elemen masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Pemerintah Daerah harus dapat bekerjasama dengan DPRD sebagai mitra kerja pemerintah.

Kegiatan Sertijab digelar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19. Tampak hadir pada acara tersebut Forkompinda Kabupaten Melawi, Kajari Sintang, Dandim 1205 Sintang, Anggota DPRD Kabupaten Melawi, OPD teknis, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI