111 Kades Terpilih Kabupaten Melawi Segera Dilantik

KABUPATEN MELAWI, KALBAR – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 111 Desa telah di helat 22 Desember 2020 lalu dan sebanyak 111 Kepala Desa terpilih bakal dilantik tanggal 3 Maret 2021 mendatang. Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa kepada awak media, Senin, (1/3/2021) di Rumah Dinas Jabatan Bupati Melawi.

Saat di wawancarai usai Sertijab oleh awak media Dadi mengatakan bahwa pelantikan kades terpilih hasil Pilkades serentak tahun 2020 akan dilantik pada tanggal 3 Maret 2021. Percepatan ini untuk mengakselerasi program nasional dari pusat hingga ke daerah.

“Pelantikan kades tanggal 3 Maret 2021 sedang dipersiapkan, besok (2/3), 111 kades akan melakukan gladi resik di halaman rumah jabatan Bupati. Pelantikan nanti tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19”. Ucapnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin mengatakan pelantikan kades dan Tim Penggerak PKK oleh Bupati Melawi akan dilaksanakan dihalaman Rumah Jabatan Bupati pukul 09.00 Wib.

“Persiapan pelantikan kades hampir rampung seluruhnya. Pelantikan akan dilakukan dengan dua sesi, pelantikan Kades akan dilakukan pada pukul 09.00 Wib, sedangkan pelantikan Tim Penggerak PKK akan dilaksanakan pada pukul 14.00 Wib di pendopo”. Ungkapnya saat dihubungi via seluler.

Sementara itu, salah satu Kades terpilih, Eet Roskayudi AR menyambut baik keputusan Bupati Melawi terkait pelantikan Kepala Desa yang akan dilaksanakan. Ia berharap ke depan antara pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten dapat bersinergi untuk mensukseskan program nasional yakni program Sustainable Development Goals (SDGs).

“Sinergitas dalam pembangunan antara Pemerintahan Kabupaten dan Pemerintah Desa serta masyarakat sangatlah penting. Mengingat sumberdaya alam terletak di Desa. Pembangunan yang akan direncanakan harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat”. Pungkasnya Eet sapaan akrabnya.

Dirinya juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Bupati dan Wakil Bupati Melawi yang telah secara resmi dilantik oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji beberapa waktu lalu, dan kini telah secara resmi memimpin Kabupaten Melawi periode 2021 – 2024.

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI