GAPSIDO Gelar Seminar Peran Pemuda

Upaya Jaga Kamtibmas dan Tangkal Berita Hoax

Kab. Melawi, Kalbar – Dalam upaya menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat (Kambtibmas) di Kabupaten Melawi, Gabungan Pemuda Sidomuyo (GAPSIDO) menggelar seminar dengan tema “Peran Pemuda Dalam Menjaga Kamtibmas Dan Bahaya Berita Hoax “.

Kegiatan seminar dilaksanakan di Aula Hotel Bintang Anugerah, Jum’at (26/2/21) dan di buka secara resmi oleh Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa melalui Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Melawi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Tampak hadir dalam seminar tersebut Kasat Binmas Polres Melawi, IPTU Haryono, Staf Dina Kesehatan Kabupaten Melawi, dr. Elsan Laduri, Kepala Desa terpilih, H.M. Syukur. Adapun peserta seminar diikuti dari berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) yakni, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu (PFKPM), Organisasi Kemahasiswaan dan organisasi lainnya di Kabupaten Melawi.

Dalam sambutan Bupati Melawi melalui Asisten I Sekda Kabupaten Melawi, Imansyah menyampaikan di era digital seperti saat ini penyebaran informasi kian bertumbuh dan berkembang tak terelakkan. Sehingga bermunculan berbagai jenis media sosial di dunia maya, serta portal-portal pemberitaan online juga turut menjamur.

“Kemajuan era digital ini peran pemuda tentunya sangat sensitif dalam menyaring setiap informasi maupun pemberitaan yang diperoleh dari media sosial sebab penyebaran impormasi dapat dilakukan kapanpun dan di manapun”, jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, media sosial yang semulanya sebagai alat untuk mempermudah berkomunikasi saat ini dibalik fungsikan sebagai alat penebar berita bohong atau hoax. Dimana bahasa yang semula menjadi komponen utama terbentuknya sebuah informasi mengalami pergeseran fungsi dari semestinya.

“Disinilah peran pemuda sebagai generasi yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi serta pemikiran yang terbuka harus mampu menjadi promotor dalam dalam menangkal tersebarnya berita Hoax di tengah-tengah masyarakat agar Kamtibmas selalu terjaga”. Tandasnya.

Sementara itu, ketua GAPSIDO, di Sadikin Nur mengatakan dengan adanya kegiatan seminar ini, ia berharap peran pemuda di Kabupaten Melawi khususnya pemuda Sidomuyo dapat menjadi contoh guna menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas dimanapun masyarakat itu berada.

“Harapan kami dengan kegiatan seminar ini dapat membangun rasa persatuan, kebersamaan dan menguatkan tekat pemuda untuk proaktif memelihara keamanan dan kesatuan bangsa. Semoga peran pemuda dalam menjaga Kambtibmas dapat membawa dampak yang baik serta dapat menangkal berita Hoax”. Tutupnya.

Usai acara pembukaan, kegiatan seminar dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Binmas Polres Melawi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi kepada para peserta seminar serta dibuka sesi diskusi tanya jawab. []Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI