Puskesmas Baruah Gunuang Belum Beroperasional

Beredar informasi bohong dalam publikasi berita operasional dua Puskesmas

Lima Puluh Kota, Sumbar –  Beredar kabar di media online  telah beroperasi nya dua puskesmas yang di bangun oleh  Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota pada acara peresmian penggunaan oleh Bupati Irfendi Arbi melalui daring dengan Kepala Dinas Kesehatan Tien Septino pada tanggal 4 February 2021 mengundang pertanyaan bagi masyarakat kenapa tidak di lokasi pembangunan.

Meubelair Puskesmas sudah ada, belum beroperasi.

Dari penelusuran beberapa wartawan pada Jumat, 19 February 2021 di Puskemas Baruah Gunuang, Bukik Barisan, di ketahui puskemas yang di maksud belum beroperasi, dan sama sekali tidak ada kegiatan layaknya sebuah puskesmas yang melayani masyarakat.

Tampak posisi bangunan dekat tepi tebing

Kondisi puskesmas bertolak belakang dengan pernyataan pada media online yang telah mempublikasikan acara peresmian pada tanggal 4 February 2021 dengan isi berita pernyataan dari Kadis Kesehatan Tien Septino :

” Direlolasi ke tempat yang baru. Keduanya sudah mulai beroperasi dan Alhamdulillah, hari ini diresmikan langsung oleh Bupati,” kata Tien Septino. (di kutip dari media online)

Dari beberapa warga yang pernah ikut bekerja dalam pembangunan puskesmas mengatakan kepada media bahwa kualitas bangunan tidak layak untuk di gunakan, apalagi posisi bangunan sangat dekat dengan tebing yang beresiko untuk longsor.

Masih dari informasi pekerjaan, awak media mendapat nama pelaksana berinisial AW, yang diduga adik kandung dari PPK Dinas PUPR Kab. Lima Puluh Kota.

Melalui permohonan informasi publik, sebagai perwujudan kode etik jurnalistik pasal 3, metroindonesia.id meminta Kapolres Kabupaten Lima Puluh Kota untuk melakukan penyelidikan atas aset  bangunan bangunan milik Negara yang diduga dibangun di atas lahan yang diduga tidak bersertifikat.

Serta adanya dugaan penggunaan dana publikasi untuk informasi yang diduga melanggar pasal 28 ayat (1) Undang undang ITE oleh Kepala Dinas Kesehatan  [] A. Rachman.

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI