Sikapi Surat Telegram Kapolri

Kapolres Melawi Menggelar Test Urine Mendadak Personilnya

Kab. Melawi, Kalbar – Menyikapi Surat Telegram (ST) Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Nomor : ST/331/II/HUK.7.1./2021 tanggal 19 februari 2021 tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K menggelar tes urine kepada seluruh personil Mapolres Melawi, Senin, (22/2/2021).

 

Pada kesempatan Apel pagi dalam rangka sosialisasi surat telegram Kapolri, Sigit mengatakan akan memberikan reward kepada anggota yang berhasil mengungkap jaringan narkoba. Terhadap personil yang terbukti melakukan penyalahgunaan narkoba atau terlibat langsung dalam peredaran akan dilakukan tindakan tegas.

“Bagi anggota yang berhasil mengungkap jaringan narkoba akan diberikan reward, sedangkan bagi anggota yang terbukti melakukan penyalahgunaan narkoba akan saya tindak tegas berupa pemecatan dan tindakan pidana sesuai ketentuan hukum yang berlaku”. Tegasnya.

 

Usai menggelar Apel pagi, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K didampingi Wakapolres Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M, Kabag Sumda AKP Sunar, Kasie Provam Polres Melawi Iptu Samuji beserta anggotanya dan Urkes menggelar test urine mendadak kepada seluruh anggota Polres Melawi.

Pelaksanaan test urine ini tidak hanya formalitas belaka, kegiatan ini diawasi langsung oleh Kapolres Melawi dan Pejabat Utama Polres Melawi. Setiap toilet yang digunakan tidak boleh ditutup pintunya dan diawasi oleh anggota Provos Polres Melawi. Untuk Polwan dan ASN perempuan diawasi oleh satu Polwan yang telah ditunjuk oleh pimpinan.

 

Sebelum pelaksanaan test urine, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto menegaskan tidak akan memberikan toleransi sedikitpun kepada personilnya yang terlibat langsung maupun membantu ataupun memuluskan peredaran narkoba di Wilayah Hukum Polres Melawi.

“Jika ada, berhentilah, sebelum anda diberhentikan dan dipidana”. Tandas AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto.

Sementara itu, Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana menyampaikan dalam pengecekan tersebut tidak ada ditemukan anggotanya yang positif menggunakan narkoba ataupun zat sejenisnya melalui pengecekan alat test urine yang digunakan.

“Alhamdullilah, belum ada ditemukan hari ini. Jika kedepannya ditemukan indikasi atau laporan dari masyarakat, anggota yang bersangkutan akan di test lagi. Jika positif maka akan ditindak tegas sesuai ST (Surat Telegram) Kapolri,” jelasnya.

Wakapolres juga menjelaskan test urine ini akan rutin dilaksanakan secara mendadak dan acak sesuai situasional dan akan digelar pada Polsek Jajaran Polres Melawi juga. “Biar semua sejalan tidak hanya di Polres, Polsek juga harus”. Imbuhnya.

Wakapolres juga berharap kepada seluruh anggotanya agar terus menjauhi dan menghindari dari penyalahgunaan narkoba. “Kerugian akan dirasakan oleh seluruhnya, mulai institusi, keluarga dan diri sendiri,” tutupnya.

Di tempat yang berbeda Tokoh pemuda dan masyarakat Kabupaten Melawi, Kimroni mengatakan sangat mengapresiasi sikap responsif dari Polres Melawi terkait narkoba. Kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, karena polisi merupakan garda terdepan harus bersih secara institusi.

“Kegiatan yang dilakukan Kapolres sangatlah penting, karena

Polisi adalah garda terdepan, harus bersih dari semuanya. Tidak kalah penting adalah peran serta dari masyarakat Melawi untuk ikut membantu melihat lingkungan di sekitarnya. Mengawasi anak anaknya, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Ujar Kimroni,saat dihubungi via seluler.[] Humas/Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI