Jaga Situasi Kondusif, PMKRI Gelar Sosialisasi Bijak Bermedsos

Kab. Melawi, Kalbar – Dalam Upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Menggelar Acara Sosialisasi dengan tema “Memaksimalkan Peran Pemuda Dalam Bermedia Sosial Guna Menjaga Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Mendukung Pembangunan”. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Aula Hotel Rajawali Jalan Kota Baru KM.2 Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Sabtu (20/02/21) Pagi.

Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 d secara resmi dibuka oleh PLH Bupati Melawi yang diwakili Kepala Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Melawi, Paulus. Tampak Hadir Kasat Binmas Polres Melawi Iptu Haryono, Sekretaris Fopad Kimroni serta berbagai elemen organisasi pemuda dan mahasiswa lainnya.

Dalam sambutannya Paulus mengatakan,menyikapi era milenial, pemuda harus bijak dalam bermedia sosial, terutama maraknya beredar isu-isu hoax yang perlu kita perangi bersama. komunikasi dan diskusi membahas hal-hal yang sifatnya membangun, baik itu karakter mental dan spiritual serta nilai-nilai luhur dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dimedia sosial harus selalu dijaga.

” Mari kita gunakan media sosial untuk hal-hal yang bersifat positif, cermati konten yang akan ditulis maupun dibagikan. Cek kebenaran dan sumber informasi tersebut serta hindari hate speech atau ujaran kebencian dan isu sara. bijak dalam menggunakan media sosial dan melindungi akun jangan sampai disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab”. Ujar Drs.Paulus Kadis Arpusda Kabupaten Melawi.

Sementara itu Ketua PMKRI Cabang Melawi Sur Bambang mengatakan kegiatan sosialisasi ini untuk menambah wawasan dan pemahaman dan bijak dalam bermedia sosial guna mendukung pembangunan di Melawi untuk kedepannya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan acara ini karna suport dari rekan panitia dan pihak Polres Melawi sehingga semua berjalan lancar, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menunjang dalam kegiatan pembangunan di Kabupaten Melawi lebih baik kedepannya“.Ucap Sur Bambang

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi, dialog interaktif bersama mahasiswa dan peserta yang hadir.

Pada akhir acara Kasat Binmas Polres Melawi, Iptu Haryono, mengatakan dalam menangkal berita hoax dan ujaran kebencian di media sosial, gunakan media sosial dengan bijak. Iya juga mengajak pemuda untuk selalu menjaga situasi Kamtibmas di Melawi agar tetap kondusif.

“Mari kepada seluruh pemuda dan lapisan masyarakat agar menggunakan media sosial secara bijak agar situasi Kamtibmas di Kabupaten Melawi tetap kondusif”. Tutupnya.[] Ade Shalahudin