WISH, Indonesia Sehat Smartwatch inovasi Karya Anak Bangsa yang Gemilang dari Yogyakarta,100% di Produksi Sendiri

WISH, Indonesia Sehat Smartwatch inovasi Karya Anak Bangsa yang Gemilang dari Yogyakarta,100% di Produksi Sendiri

Metro Indonesia.id, Meskipun bukan yang pertama, tetapi smartwatch (jam pintar) ini hasil inovasi paling update dari vitur sejenisnya yang lebih dulu keluar. Setelah Xiaomi China dan Samsungnya Korea merilis arloji canggih, kini giliran Indonesia menyempurnakan beberapa kelemahan 2 Mega branding itu.

Namanya WISH, karya anak kreatif inovatif dari Yogyakarta.100% mereka produksi sendiri, yang bisa dilihat dari branding yang melekat di body arlojinya. Lengkap dengan hak paten Internasionalnya, produk hightech made in Indonesia ini menyabet setengah lusin penghargaan inovatif dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Apa kelebihannya produk anak kos-kosan Jogja ini hingga dianggap sejajar dengan Xiaomi dan Samsung.

Salah satunya kemampuan mengembangkan Artificial Intelegensi (AI) yang mampu mendeteksi gejala penyakit hanya dari citra (foto) warna lidah kita. Gambar lidah kita diolah dalam aplikasi dan akan muncul hasilnya hanya dalam waktu 20 detik.

Untuk mendeteksi gula darah, kolesterol, tensi, arloji canggih ini tertanam sebuah sensor gerak dan panas. Jadi kapan saja selama kita memakai arloji ini, maka informasi kesehatan kondisi tubuh kita bisa update secara mandiri. Tanpa dokter ataupun peralatan medis lainnya. Dan akurasinya berada di angka 90%

Sudah saatnya kita bangga dengan karya anak bangsa yang inovatif. Tidak perlu jauh-jauh ke negara lain, potensi anak muda di sekitar kita sudah standar Internasional. Kewajiban pemerintah memfasilitasi mereka dengan alokasi anggaran untuk riset sangat dibutuhkan. Itupun akan beradu cepat dengan pihak swasta yang bisa melihat masa depan sebuah temuan, tidak semata hanya bernilai bisnis. Para pemodal besar punya kekuatan finansial untuk membeli ide ide brilian, dikembangkan, lalu dijual.

Wish untuk Indonesia. Kita tidak cukup berhenti dengan kebanggaan. Namun menjadikan ide digital berguna bagi masyarakat dan dirasakan manfaatnya, itu yang paling utama, kapan lagi, kalau bukan sekarang, silahkan coba. (yun)

Indonesia bisa
Indonesia hebat

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI