Musdesus Penetapan BLT DD dan Pembentukan Bidang – bidang Panitia Lomba Desa

Lombok TimurPada musyawarah khusus Desa Lenting Kecamatan Sakra Timur hari ini untuk menetapkan penerima BLT DD dan pembentukan panitia lomba desa yang berlangsung lancar dan aman.

Hadir pada kesempatan tersebut ada Sekretaris Camat, Kasi PMD Kecamatan, Kepala Desa, Sekdes, Polmas, ada juga Pendamping Desa Kecamatan, Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Kader – kader posyandu serta tamu undangan lainnya.

Sambutan pertama Kepala Desa Lenting Kecamatan Sakra Timur, H. Marsoan menjelaskan bahwa untuk penerima BLT DD tahun ini dikurangi. Untuk itu pihaknya memvalidasi data warga yang betul – betul layak menerima BLT DD ini.

“Kita mengecek bersama dengan Pak Kawil warga yang betul – betul layak,” jelasnya Selasa (9/2/2021).

Terkait dengan lomba desa, lanjut H. Marsoan ditunjuknya Desa Lenting sebagai perwakilan kecamatan untuk mengikuti lomba desa, maka pihaknya berusaha untuk bisa ikut. Dengan begitu kita bisa tahu seberapa kompak masyarakat Desa Lenting. Untuk itu sambung H. Marsoan mengharapkan kebersamaan dan partisipasi dari semua masyarakat untuk bisa menunjukkan bahwa Desa Lenting bisa sebagai wakil Sakra Timur mendapatkan juara.

“Partisipasi bersama dengan elemen masyarakat bisa kita raih juara pada lomba desa tingkat kabupaten,” harapnya.

Dalam sambutannya Sekretaris Camat Sakra Timur, Athar, S.AP menjelaskan bahwa terkait lomba desa tingkat kabupaten yang mewakili kecamatan supaya Desa Lenting ini menonjolkan keunggulan atau potensi yang ada. Dengan begitu bisa meraih juara.

“Kita ingin memunculkan keunggulan atau potensi dari Desa Lenting yang dimiliki,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sekcam mengatakan sesuai Permendagri No.81 tahun 2015, sebut Sekcam tujuannya ingin kita ketahui posisi desa itu apa, apakah maju, berkembang atau tidak.

“Tujuan lomba ini ingin mengetahui atau menjadi Evaluasi perkembangan desa /kelurahan, maju atau tidak. Motivasi – motivasi ini sangat penting. Tanpa evaluasi kita tidak tahu desa itu berkembang atau maju,” tegas Sekcam yang baru sebulan menjabat di Sakra Timur.

Untuk itu penting juga, sambung Athar terkait mengikuti lomba yaitu ada pembukuan dan bukti fisik untuk ditampilkan pada lomba tersebut. Dan juga penting partisipasi masyarakat bisa membantu pemerintah desa supaya dapat meraih juara,” jelas Athar.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan, Herman mengatakan bahwa tujuan dari Permendagri ini ingin memaksimalkan pembangunan di desa.

Dan sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK), sebut Herman bahwa BLT DD sebesar Rp. 300 ribu itu selama 12 bulan, sasarannya untuk 100 KPM, tetapi regulasi yang belum jelas, apakah KPM yang 100 itu dapat 6 bulan dan berikutnya diganti dengan KPM yang lain. Dan untuk diketahui bahwa sesuai data Desa Lenting ini masih pada Desa Berkembang. Penting juga dimaklumi bahwa untuk pemulihan ekonomi desa tidak boleh membangun gedung serbaguna dari dana desa,” imbuhnya.

Hari ini juga ditetapkan penerima BLT DD sebanyak 100 KPM dan Untuk Panitia lomba desa dibentuk lima Bidang yaitu, ada Bidang PKK, Pendidikan, Bazda, ada Bidang Pemerintahan dan Bidang Pemberdayaan.[] Sopy

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI