Penyerahan Donasi Peduli Kasih Kepada Masyarakat Desa Cidahu Sukabumi Jabar

Penyerahan Donasi Peduli Kasih Kepada Masyarakat Desa Cidahu Sukabumi Jabar

SUKABUMI, Metroindonesiaa.id, – Keluarga Besar Wartawan Jakarta Utara (KWBJU) didampingi Komunitas Wartawan Sukabumi (Kowasi) menyerahkan Donasi peduli kasih berupa sembako sekaligus memberikan santunan kepada masyarakat desa Cidahu yang terkena bencana banjir Bandang dan Angin Puting Beliung, dan kaum Jompo serta anak yatim piatu dikantor pemerintahan desa Cidahu, Kec, Cidahu Kab, Sukabumi Jawa Barat (05/02/2021).

Awalnya rencana Penyerahan dilakukan dilokasi bencana, tetapi akses jalan menuju lokasi tidak memungkinkan untuk dilalui sehingga diserahkan dikantor Pemdes yang diterima oleh sekretaris Desa mewakili Kepala Desa, Kaur Desa, Kowasi dan juga warga perwakilan Dusun yang ada di Desa Cidahu.

Donasi kasih diterima langsung oleh korban bencana yang rumah dan persawahannya disapu banjir bandang dan angin puting beliung, kaum Jompo dan juga anak yatim piatu secara simbolis mewakili para korban bencana yang terdampak langsung bencana yang diperkirakan sekira 200 kepala keluarga.

Kepala Desa Cidahu H.Asep Saepul Parlan, SH.I, ditempat peresmian Jembatan gantung penghubung antara Kampung Bantar (perbatasan dengan Desa Kompa Parungkuda) dengan Kampung Tapos, menyampaikan ucapan terimakasih atas kepadulian Jajaran Pemerintah Kota Jakarta utara masyarakat Jakarta Utara yang mendonasikan bantuan peduli kasih melalui keluarga besar wartawan Jakarta utara (KBWJ) kepada masyarakat Desa Cidahu.

Kades Asep menjelaskan bahwa korban bencana dan terdampak Kecamatan Cidahu ada empat Desa dan empat Kampung, antara lain Desa Babakanpari (Kamping Bojong astana), Podokkaso Tengah(Bantar), Jayabakti(Cibojong) dan Cidahu, bencana alam di desa cidahu tidak ada korban jiwa hanya kerugian materi yaitu rumah warga yang hancur dan lenyap dibawa banjir dan lumpuhnya perekonomian dengan hancurnya panen yang disapu air bah.

“Kerugian materi di desa cidahu yang paling parah hancurnya lahan pertanian sekitar 6 hektar yang saat itu sudah waktunya panen, rumah warga RT 02/02 dan RT 02/07 dan Jembatan penghubung,” ucapnya.

Lebih lanjut Asep katakan, Desa Cidahu terdiri dari 7 Dusun, yang kena dampak puting beliung Dusun Nagka Beurit, Dusun Cipanengah dan Dusun Cibalagung, khusus Cibalagung juga terdampak banjir dan jembatang utama penghubung putus dan sudah diperbaiki.

“warga penerima donasi peduli kasih yang tercatat di kami selain warga yang terkena langsung bencana juga ada 50 kaum jompo dan 50 anak yatim piatu,” kata Asep.

Dalam kesempatan yang sama Dewan Pembina KBWJU Zultampu Rajamataniar15 yang juga sebagai penggagas donasi menjelaskan donasi pedulikasih yang disampaikan kepada masyarakat di Desa Cidahu merupakan hasil donasi dari wartawan yang tergabung di KBWJU,
Danyontaifib 1 Mar, masyarakat Jakarta utara, dan Pemkot Jakarta utara yang menyediakan akomodasi dan transportasi untuk mengirimkan bantuan.

“donasi yang kami sampaikan berupa mie instan, air mineral, susu, biskuit, pakaian layak pakai, masker kain, popok bayi, minyak goreng dan juga beras,” sebutnya Zultampu.

Deden Kurniawan ketua KBWJU saat menyampaikan donasi mengatakan agar kiranya masyarakat Desa Cidahu tabah dan selalu waspada dengan bencana serta kiranya cepat pulih perekonomiannya.

“kami KBWJU menyampaikan amanah yang dipercayakan warga Jakarta utara untuk menyalurkan bantuan pedulikasih, kiranya bantuan ini bermanfaat, dan agar penerima donasi berkenan membawa doa bagi masyarakat yang telah peduli selalu diberikan Rejeki dan kesehatan oleh Tuhan,” ucap Deden.(David.K.C/yun).