Vanilla Institute Garden

Kenapa, sih, Indonesia bisa beriklim tropis?

Bogor Kota, Jawa Barat – Karena wilayah Indonesia terletak dari 6o LU-11o LS. Itu artinya, wilayah kita berada di zona tropis (23,5o LU-23,5o LS). Itu artinya lagi, Indonesia akan mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun. Dampaknya adalah, suhu udara cenderung tinggi. Kelembaban tinggi. Dan curah hujan tinggi. Pontensi tanah air Indonesia sebagai negara tropis.

Memiliki potensi tanah yang subur untuk bercocok tanam, seperti halnya di Desa Mulyaharja.Kecamatan Bogor Selatan terdapat Vanilla Institute Garden di lahan seluas 2.5 hektar memiliki 8000 (delapan ribu) tanaman Species Tanaman Vanelli milik Jhon Tumiwa.

Pada kesempatan Drs.Anas S Rasmana.MM Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor  mengunjungi Vanilla Institute Garden pada Jumat, 05 Januari 2021 untuk berdialog bagaimana pemanfaatan tanaman dan nilai ekonomi Tanaman Vanelli.

Dalam dialog dengan Kepala Dinas, Jhon Tumiwa menjelaskan riwayat tanaman jenis Vanelli ”¬† Tanaman Vanelli Jenis Planifolia ini merupakan tanaman langka yang berasal dari negara Mexico dan pertama kali ditanam di area Kebun Raya Bogor.” Terangnya.

Kadis bersama pemilik kebun

” Hal inilah yang menjadikan inspirasi saya ( Jhon Tumiwa asal Manado) untuk menanam,merawat dan melestarikan tanaman langka tersebut, untuk pemasaran vaniile memiliki harga cukup bagus perkilo untuk Vanelli kering dipasaran berkisar antara 125.000,- S/d 1.000.000,- info harga pasar hari ini ” jelasnya.[] Lukas