SMP METHODIST 9 Medan Tidak Terbuka Dalam Penggunaan Dana Bos

Kota Medan, Sumut – Informasi publik merupakan kewajiban setiap instansi memberikan informasi kepada masyarakat pada penggunaan anggaran.

Menyembunyikan informasi merupakan suatu kejahatan publikasi dan informasi, karena sudah tertuang dalam Undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dimana setiap masyarakat boleh meminta informasi.

Jannes Sitohang selaku Kepala SMP METHODIST 9 Medan belum memberikan hak jawab kepada wartawan metroindonesia.id terkait informasi penggunaan dana perawatan gedung senilai 10 % dari dana BOS TA 2020

Hak jawab dari kepala sekolah sangat di butuhkan kan untuk menjawab asumsi yang beredar di masyarakat atas tidak adanya kegiatan perawatan gedung selama tahun ajaran 2020.

Kecurigaan masyarakat atas dugaan penyelewengan dana BOS semakin kuat di terima media ketika pihak sekolah tidak menggunakan ” Papan Mading ” sebagai laporan publik penggunaan anggaran sesuai intruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Birokrasi pengawasan dan laporan melalui online yang lebih transparan sesuai janji Menteri, masyarakat belum melihat bukti, bahkan timbul dugaan kuat di masyarakat adanya konspirasi antara pengawas.

Disisi lain, tugas jurnalis untuk menerapkan sesuai kode etik pasal 3, dimana setiap wartawan harus menguji kebenaran informasi selalu mengalami kegagalan karena tidak adanya transparansi dari pihak terkait,[] G.Pasaribu