Camat Sakra Canangkan Vaksinasi Covid-19.

Kabupaten Lombok Timur – Camat Sakra Ahmad Subhan, SH mencanangkan  vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Sakra.

Vaksin Covid-19 yang didistribusikan Senin (1/2) kemarin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur  sebanyak 288 vial untuk vaksinasi tenaga kesehatan lingkup Puskesmas  Sakra sebanyak 166 orang.

Pada acara pencanangan tersebut Camat Sakra, Ahmad Subhan menyampaikan bahwa Puskesmas Sakra  merupakan Puskesmas pertama di Lombok Timur yang mencanangkan vaksin Covid-19 dan berharap dengan vaksinasi ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 sehingga kasus  terus menurun dan tidak ada lagi kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari data yang ada, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus meningkat dan butuh upaya bersama dalam mencegah penyebaran covid-19, maka diharapkan kesadaran kolektif seluruh aparat dan elemen masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol Kesehatan serta berperilaku hidup sehat,” ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Pada pencanangan hari ini, sebutnya sasaran untuk 15 orang didahului Kepala Puskesmas Sakra Muhammad Zaini Jauhari, S.Gz, M.Gz dilanjutkan tenaga kesehatan lainnya yang kemudian akan dilanjutkan pada hari berikutnya, diupayakan hingga hari kelima sudah rampung bagi semua tenaga kesehatan Puskesmas Sakra.

“Pencanangan hari ini pertama Puskesmas Sakra yang mulai lakukan vaksin bagi tenaga kesehatan di kabupaten Lombok Timur,” jelasnya.

Lanjut Subhan, Vaksinasi diberikan bagi tenaga kesehatan pertama kali karena memiliki resiko tinggi terinfeksi dan menularkan Covid-19 karena langsung memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, begitu pula dengan TNI dan POLRI sebagai kelompok prioritas, setelah itu diperluas ke wilayah yang banyak kasus Covid-19.” imbuh Subhan.

Harapannya kepada masyarakat Kecamatan Sakra, meskipun menerapkan vaksin 3 M ( menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/menggunakan hand sanitizer) masih harus dilakukan proteksi ganda dengan vaksin Covid-19 agar lebih efektif dalam mencegah penularan Covid-19, maka diharapkan pada saatnya masyarakat siap divaksinasi setelah dilakukan screening secara cermat oleh tenaga kesehatan yang ditugaskan.

“Nanti Giliran masyarakat di berikan vaksinasi itu melalui pemeriksaan yang cermat dari tenaga kesehatan yang ditugaskan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sakra, Muhammad Zaini Jauhari, S. Gz,  M. Gz menjelaskan, bahwa Vaksinasi ini dilakukan dua tahap yakni 14 hari setelah vaksinasi pertama.

“Vaksinasi ini diberikan dua tahap. Tahap pertama hari ini dan untuk tahap kedua itu setelah 14 hari,” jelasnya.[] Tiang Sulpi