10 Pejabat Pemerintah di Kota Bogor di Vaksin

10 Pejabat Pemerintah di Kota Bogor di Vaksin

BOGOR, Metroindonesia.id, – Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim bersama 9 orang diantaranya dari Pimpinan Forkopimda, Tokoh Agama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Direktur RSUD kembali di suntik vaksin Covid-19 tahap ke-2 di Puskesmas Tanah Sareal, Jalan Kesehatan, Kota Bogor, Kamis (28/01/2021).

Usai divaksin dan menunggu observasi selama 30 menit, 10 orang yang telah disuntik vaksin Sinovac terlihat kembali melakukan aktivitas normal seperti biasanya.

“Sejauh ini Alhamdulillah tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Artinya tidak ada efek samping yang membahayakan, semua fungsi berjalan dengan baik, aman, sehat,” jelas Dedie A Rachim, kepada awak Media.

Dedie mengatakan, saat ini memang prioritas vaksin untuk 9.533 sasaran Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Bogor yang terdaftar di Sistem Informasi Sumber Daya Kesehatan dan sekitar 50 persen diantaranya sudah disuntik vaksin.

Dari jumlah 9.533 sasaran ini terdapat tenaga kesehatan yang tidak lolos skrining karena penyintas, memiliki komorbid dan lainnya.

“Khusus untuk nakes ini bisa saja dimanfaatkan untuk masyarakat lain,” ucap Dedie.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, suntikan vaksin ke-2 untuk Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dan 9 orang pejabat di Kota Bogor berjalan lancar. Setelah diobservasi 30 menit, tidak ada keluhan alias semuanya sehat.

Retno, menjelaskan, per hari Rabu (27/01/2021) kemarin, tenaga kesehatan yang lolos suntik vaksin berjumlah 4.443 orang atau sekitar 46,8 persen dari jumlah 9.533 tenaga kesehatan terdaftar.

Dinkes menargetkan pada 31 Januari atau paling lambat awal Februari 2021, vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan bisa rampung,” jelasnya, Sri Nowo Retno.

Dedi juga mengemukakan, usai suntik vaksin tenaga kesehatan (Nakes) rampung, sambil menunggu instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat, pihaknya akan mempersiapkan 63 titik vaksin untuk vaksinasi Covid-19 dengan sasaran TNI, Polri, PNS dan ASN yang langsung melayani publik serta masyarakat,” sambungnya.

Dedie terangkan, masyarakat tidak perlu ragu datang ke tempat yang sudah disiapkan Pemerintah, untuk mendapatkan Vaksin Covid-19 ini,” pungkasnya. (Wieragus Virmala/yun)