Baranusa Dukung Penempatan PMI ke Saudi dengan Program SPSK

Baranusa Dukung Penempatan PMI ke Saudi dengan Program SPSK

JAKARTA, Metroindonesia.id, – Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK) atau one channel system untuk penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) ke Arab Saudi.
Pada akhir Februari 2021 nanti rencananya ada uji coba penempatan melalui SPSK ke Arab Saudi dengan penempatan sekitar 280 pekerja migran.

Begitu disampaikan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kementerian Ketenagakerjaan, Suhartono.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa), Adi Kurniawan mengatakan pihaknya sangat mendukung sistem tersebut demi mendorong terciptanya lapangan kerja di tengah angka pengangguran yang terus meningkat akibat pandemi covid-19.

“Agar angka pengangguran yang belakangan meningkat tajam akibat pandemi covid-19 dapat menurun,” katanya Adi Kurniawan lewat keterangan tertulis kepada wartawan ini. Sabtu (30/01/21).

Dikatakannya, sudah menjadi keharusan bagi pemerintah melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait, seperti APJATI untuk menciptakan terobosan-terobosan guna memulihkan ekonomi nasional.

“Apalagi ini menyangkut hajat hidup orang banyak, maka memang sudah wajib bagi kita semua untuk mendukungnya,” pungkas Adi.

Namun, Adi meminta pemerintah dalam hal ini kementerian ketenagakerjaan juga harus menyiapkan perlindungan hukum bagi para PMI tersebut apabila SPSK tengah diuji.

Selain itu, kelompok relawan Jokowi ini juga berharap adanya SPSK dapat memberikan solusi bagi WNI yang tengah membutuhkan pekerjaan.

“Semoga bisa menjadi solusi bagi penekanan angka pengangguran di tengah pandemi covid-19,” harapnya.(Yun)

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI