MPC SAPMA Pemuda Pancasila Gelar Seminar Kamtibmas 

Kabupaten Melawi, Kalbar  – Dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Majelis Pengurus Cabang Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (MPC. SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Melawi menggelar Seminar Kepemudaan, Sabtu, (30/1/2021) pukul 14.00 WIB di Cafe Kak Ana Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi dengan tema “Peran Pemuda dalam menjaga Kamtibmas”.

Acara yang di buka secara resmi oleh Kabag Sumda Polres Melawi, AKP Sunar. turut hadir Sekretaris MPC Pemuda Pancasila, Lilik Hidayatullah serta  berbagai elemen organisasi pemuda dan mahasiswa. Dalam sambutannya AKP Sunar mengatakan, bahwa pemuda adalah merupakan tulang punggung Negara sejak dahulu.  Generasi penerus saat ini sudah tinggal menikmati dan bertanggungjawab untuk menjaga Kamtibmas  dilingkungan sekitar.

“Pemuda adalah tulang punggung negara, pemuda mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia saat itu. Hal ini dibuktikan dgn adanya sumpah pemuda. Tanggung jawab Kamtibmas bukan hanya tangung jawab dari kepolisian saja, melainkan tanggung jawab kita semua. Pemuda memiliki peran penting saat ini dalam menjaga Kamtibmas, minimal di sekitar lingkungan tempat tinggalnya”. Ujar  Kabag Sumda Polres Melawi, AKP Sunar.

Sementara itu, Ketua MPC SAPMA Kabupaten Melawi, Galih Wana Bakti mengatakan berbicara tentang pemuda tak akan ada habisnya. Saat ini pemuda merupakan Bonus demografi dari pertumbuhan penduduk Indonesia. Pemuda harus mengambil peran untuk menjaga kemerdekaan, minimal dengan menjaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat.

“Saya mengajak kepada seluruh generasi muda untuk bersinergi bersama Pemerintah Daerah, kepolisian dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga Kamtibmas di lingkungan sekitar kita, agar tercipta suasana yang aman dan nyaman”. Pintanya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan seminar, hadir sebagai pembicara Kasat Binmas Polres Melawi, IPTU Haryono sebagai narasumber utama.

Dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Kamtibmas adalah suatu sistem keamanan dan ketertiban dimana peran dan tanggungjawabnya ada pada masyarakat itu sendiri guna mewujudkan daya tangkal untuk mencegah dan menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kamtibmas merupakan tanggungjawab kita semua, pemuda merupakan salah satu elemen penting di dalam masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban. Pemuda juga memiliki potensi untuk menciptakan situasi yang tidak kondusif. Dengan pembinaan terhadap pemuda dapat mencegah dan menangkal sejak dini potensi gangguan keamanan dan ketertiban”. Tegas Kasat Binmas Polres Melawi, IPTU Haryono.

DEKLARASI PEMUDA KABUPATEN MELAWI MENDUKUNG KAMTIBMAS YANG KONDUSIF DAN ANTI-RADIKALISME DI KABUPATEN MELAWI

PADA HARI INI, SABTU TANGGAL 30 JANUARI 2021, KAMI SATUAN SISWA, PELAJAR DAN MAHASISWA PEMUDA PANCASILA KABUPATEN MELAWI BESERTA ORGANISASI KEPEMUDAAN DAN MAHASISWA DI KABUPATEN MELAWI, MENYATAKAN:

1. SETIA KEPADA PANCASILA DAN UUD 1945, SERTA MENOLAK ADANYA PAHAM RADIKALISME SERTA INTOLERAN YANG DAPAT MEMECAH BELAH PERSATUAN DAN KESATUAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.

2. MENDUKUNG UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENJAGA SITUASI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF DAN UPAYA PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PARA PELAKU KEJAHATAN SERTA UPAYA

DALAM RANGKA MENANGKAL PAHAM RADIKALISME DAN INTOLERAN, KHUSUSNYA DI KABUPATEN MELAWI.

3. AKAN BERPERAN AKTIF, DAN MENGAJAK SELURUH ELEMEN MASYARAKAT UNTUK TURUT BERPERAN AKTIF DALAM MENJAGA SITUASI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF DI KABUPATEN MELAWI 

DEMIKIAN PERNYATAAN INI KAMI SAMPAIKAN, SEMOGA KABUPATEN MELAWI DAPAT SELALU AMAN, DAMAI, SEJUK DAN KONDUSIF.[] Ade Shalahudin