BPKP Berikan Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 Ke Inspektorat Kota Bogor 

Bogor Kota, Jawa Barat – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Inspektorat Daerah Kota Bogor berhasil meraih penghargaan, yakni penghargaan Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia, menyerahkan penghargaan tersebut kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya di Hotel Hilton, Bandung, Kamis (28/01/2021).

Sementara itu, Inspektur Kota Bogor, Pupung W Purnama menuturkan, dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, baru ada 7 Inspektorat Daerah yang telah mencapai Kapabilitas APIP Level 3 atau Integrated level tertinggi saat ini,” jelasnya, kepada awak Media, saat hadir mendampingi Wali Kota Bogor tersebut.

ko

Berdasarkan hasil penilaian mandiri Quality Assurance (Penjaminan Kualitas) BPKP perwakilan Jawa Barat atas penilaian 6 elemen. Hasilnya, Inspektorat Daerah Kota Bogor telah mencapai APIP Level 3.

“APIP Level 3 saat ini merupakan penilaian tertinggi untuk di daerah dari 5 Level,” imbuhnya.

Tambahnya, Pupung menjelaskan, ada sejumlah indikator dalam penilaian APIP Level 3 yakni, Peran dan Layanan APIP, Pengelolaan SDM, Praktik Profesional, Akuntabilitas dan Manajemen Kinerja, Budaya dan Hubungan Organisasi, dan Struktur Tata Kelola,” jelasnya.

Menurutnya, dalam rangka menjaga akuntabilitas program dan kegiatan di Kota Bogor, maka peran APIP Level 3 ini, seharusnya sudah bisa menjadi lembaga yang berposisi sebagai konsultan perangkat daerah, dan juga bisa menjaga jaminan mutu dalam hal akuntabilitas pelaksanaan kegiatan.

“Yang jelas kita akan mencoba untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian ini. Level 3 ini memposisikan peran Inspektorat Daerah sebagai konsultan dan Quality Assurance bagi perangkat daerah,” jelasnya.

Dia meminta kepada perangkat daerah di Kota Bogor agar anggaran yang sudah direncanakan sesuai dengan program dan kegiatan, serta harus dilaksanakan dengan menjaga akuntabilitas dari penggunaan anggaran,” pungkasnya. [ ] Wieragus Virmala