Tenaga Kesehatan, TNI dan Polri di Vaksinasi

Dramaga Bogor, Jawa Barat – Setelah memenuhi persyaratan screening, akhirnya 95 tenaga kesehatan (Nakes) di empat Puskesmas yang berada di wilayah Kecamatan Dramaga, Kamis (28/1/21) di vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan data, jumlah nakes tersebut terbagi dari Puskesmas Kampung Manggis sebanyak 19 orang, Pukesmas Dramaga 29 orang, Pukesmas Cangkurawok 24 orang dan di Pukesmas Purwasari sebanyak 23 orang.

Camat Dramaga Ivan Pramudia menyebut, pada tahap pertama penyuntikan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya, hanya dikhususkan untuk para nakes dan juga anggota TNI/Polri termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Akan tetapi, kepada mereka yang di vaksin, sebelumnya harus memenuhi syarat terlebih dahulu, melalui beberapa tahapan screening, setelah itu, jika memenuhi persyaratan, baru dilakukan penyuntikan vaksinasi Covid-19,” jelas Ivan.

Ivan mengaku, turut memantau proses pemberian vaksinasi Covid-19 disejumlah puskesmas. Hal itu, kata dia, dilakukan guna memastikan kegiatan penyuntikan terhadap para nakes terlaksana. ” Saya pastikan kegiatan tersebut di semua Pukesmas berjalan dengan baik dan tanpa kendala,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pukesmas Cangkurawok Desi menilai, pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 buatan Sinovac itu berlangsung baik. Namun, kata dia, proses administrasi sempat terkendala. “Sejauh ini kendala yang ada hanya di jaringan online, sebab data nya langsung online. Jadi agak sedikit terganggu, termasuk proses cetak buku bagi mereka yang telah di vaksinasi,” ungkap Desi.

Dia menambahkan, mestinya jumlah nakes yang mendapatkan jatah pemberian vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cangkurawok sebanyak 22 orang. Namun, setelah melewati proses screening banyak nakes yang tidak lolos.

 

“Hari ini baru 12 orang nakes yang discreening dan yang lolos 11 orang untuk divaksinasi Covid-19, dan bagi yang belum, Insya Allah dilanjutkan hari Senin,” tandasnya. [ ] Wieragus Virmala

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI