Panji Resmikan Groundbreaking

pembangunan PLT Hybrid di Desa Upit  

Kabupaten Melawi, Kalbar – Peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) dan jaringan internet (4G) telah dilakukan oleh Bupati Melawi, Panji S.Sos., didampingi Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji, Kamis (28/1/2021) pukul 13.00 WIB di Desa Upit Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Panji mengatakan pembangunan PLTH ini merupakan kerja nyata dan komitmen dari perusahaan swasta yang membantu masyarakat Melawi. Listrik dan jaringan internet merupakan kebutuhan dasar saat ini, dimana masyarakat nanti bisa mengenal dunia luar. Selain itu juga dapat menunjang pelayanan pendidikan, ekonomi, sosial budaya serta bidang lainnya.

“Pembangunan ini merupakan kerja nyata, dimana listrik dan jaringan internet merupakan kebutuhan dasar di daerah terpencil. Dengan harapan adanya pembangunan PLTH dan Jaringan internet dapat menunjang pelayanan terutama di bidang pendidikan, ekonomi sosial dan budaya serta bidang lainnya.” Ujar Bupati Melawi, Panji, S.Sos.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan PT Panah Perak Megasarana (PT PPM) dan PT Kandaruang Andela Sarana (PT KAS), CU Keling Kumang, Bank Rakyat Indonesia Serta seluruh komponen yang terlibat dalam pembangunan PLTH dan Jaringan internet ini. Dengan adanya pembangunan PLTH disertai jaringan internet dapat mewujudkan harapan masyarakat Melawi terutama di daerah terpencil agar dapat mengenal dunia luar.

to

Tampak hadir dalam acara tersebut, Anggota DPR RI, Yessy Melania, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi Kabupaten Sintang,Arbudin., Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi Kabupaten Landak, Anem., CEO CU Keling Kumang, Valen, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Pada sambutannya, Yessy Melania mengatakan pembangunan PLTH ini merupakan perjuangan yang sudah lama dinantikan masyarakat Melawi. Bukan hanya wilayah Kalimantan, bahkan di seluruh Indonesia masih banyak daerah pedalaman yang belum menikmati listrik dan jaringan.

“Saya merasa bersyukur dengan keberadaaan saya di Senayan, bisa membangun komunikasi dengan pihak swasta dalam mewujudkan pembangunan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Agus Salim Igarashi yang telah berbuat banyak dalam pembangunan ini, semoga masyarakat bisa menjaga dan mendukung apa yang telah diperjuangkan”. Ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. PPM, Agus Salim Igarashi, Menyampaikan ucapan terima kasih serta meminta dukungan Pemerintahan Kabupaten Melawi dan seluruh masyarakat, agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Supaya masyarakat di pedalaman bisa mengakses pendidikan dan bidang lainnya dengan adanya fasilitas listrik dan Signal. Serta diharapkan dengan adanya pembangunan PLTH bisa menciptakan lapangan pekerjaan di bidang ekonomi kreatif dan produktif.

“Saya sudah keliling di banyak pulau dan melihat apa yang dirasakan masyarakat pedalaman yang belum menikmati listrik dan jaringan telekomunikasi. Bagaimana anak anak di pedalaman bisa bersaing dengan anak anak di pulau lain atau di kota yang sudah ada jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi jika kebutuhan dasar ini tidak dimiliki”. Ungkapnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT. KAS, Agustinus Sabino berharap masyarakat jangan ragu lagi. Dengan adanya pembangunan Ini merupakan keseriusan Pemerintah dan pihak swasta untuk kemajuan masyarakat Melawi, terutama masyarakat pedalaman.

“Banyak sekali tantangan dalam melakukan pembangunan ini. Bahkan ada pihak-pihak yang mengatakan pembangunan PLTH ini merupakan pembodohan kepada masyarakat. Perlu saya tegaskan, Ini bukan mimpi lagi, tapi sudah menjadi kenyatan. Hal ini tentunya atas perjuangan dan doa kita bersama. Saya juga meminta dukungan semua pihak termasuk Pemkab Melawi agar proses pembangunan ini berjalan dengan lancar”. Tutupnya. [] Ade Salahudin