Waspada Potensi Cuaca Ekstrim di Jawa Barat pada Masa Puncak Musim Hujan

Kabupaten Bogor, Jabar – Berdasarkan informasi warga setempat, telah terjadi banjir bandang di Perkebunan Teh Gunung Mas Kp Rawa Dulang RT 02 RW 03 Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dan sekitarnya, Selasa 19 Januari 2021.

Hal tersebut, mengakibatkan pohon tumbang dan menutup akses jalan warga sehingga lokasi kejadian banjir bandang menjadi terisolir. Berdasarkan kutipan media online sebanyak 134 KK dengan jumlah jiwa 474 harus dievakuasi dari lokasi kejadian untuk menghindari banjir bandang susulan.

Curah hujan dengan intensitas ekstrim tercatat pada Pos Hujan Gn Mas Puncak sebesar 107,5 mm (Hujan Sangat Lebat). Sedangkan dari pos pengamatan Naringgul Puncak, tercatat curah hujan sebesar 112 mm (Hujan sangat lebat).

Berdasarkan pantauan citra radar, tampak terjadi pergerakan awan hujan dari arah Barat hingga Barat Laut ke wilayah wilayah Cisarua Bogor dalam durasi yang lama dan bersifat terus menerus dari siang hingga dini hari yakni pukul 10.46 – 05.00 WIB.

Kondisi curah hujan yang cukup tinggi tersebut berpotensi memicu luapan air sungai dan mengakibatkan banjir di sekitar daerah aliran sungai,” jelasnya. [ ] Wieragus Virmala