Sebahagian Kawasan Puncak Longsor

Arus Lalu lintas Bogor Cianjur di tutup

Bogor, Jawa Barat – Akibat longsor di kawasan tersebut, jalur lintasan menuju Bogor-Cianjur ditutup. Longsor terjadi di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor. Dan lokasinya tersebut, tak jauh dari kawasan pintu masuk wisata Gunung Mas.

Longsor tersebut terjadi pada hari Minggu (10/01) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Akibat tanah longsor, yang jatuh di kawasan lintasan Jalan Cianjur, hingga menutupi badan jalan seluas 20 meter. Dan membuat kawasan lintasan Jalan arah arus menuju Bogor-Cianjur ditutup.

Untuk pengendara kendaraan yang akan melintasi jalur jalan tersebut, di arahkan ke jalur lintasan Jalan Sukabumi atau Jonggol.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bogor, Adam Hamdani mengaku, tidak mengetahui penyebab terjadinya longsor tersebut. Dikarekan, pada saat itu tidak dalam keadaan hujan.

Akan tetapi, Adam menduga bahwa penyebabnya itu, ada kaitannya dengan mata air yang mengalir dari ketinggian, dan tak jauh dari lokasi kejadian tersebut.

” Adam mengatakan, bahwa memang ada mata air yang berada di atas tanah longsor itu. Dimana, warga setempat sering mangambil air, untuk kebutuhan sehari-hari. Bisa jadi saluran mata air tersebut tersumbat, sehingga airnya meluap, kemudian mengalir mencari jalur lain sendiri. Lalu ketemu tanah yang gembur di sekitar itu. Hal ini, membuat terjadinya longsor tersebut,”ungkap Adam kepada awak media, Senin (11/01/2021) dini hari.

Beruntungnya tak ada korban jiwa ataupun kerugian yang mengalami warga setempat dalam kejadian ini. Karena kondisi/keadan lagi sepi dari orang banyak,”tandasnya. Lukas Diana/Wiera