Jaga Kearifan Lokal Di Kabupaten Melawi

Yessy Sosialisasikan UU No 22 Tahun 2019 Tentang Budidaya Pertanian

Melawi, metroindonesia.id – Dalam upaya melestarikan budaya sistem petani lokal (bauma), Yessy Melania, SE Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil KalBar II melakukan Sosialisasi Undang-Undang No. 22 Tahun 2019 tentang Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan kepada Masyarakat Peladang Desa Upid, Sabtu, (19/12/2020)

Acara digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

Dalam sambutannya Yessy menyampaikan bahwa pentingnya peran aktif masyarakat peladang dalam menjaga kelestarian Sumber Daya Alam (SDA) agar bisa terus berkelanjutan dalam pengelolaannya. Dirinya percaya bahwa para peladang bisa menjadi garda terdepan dalam menjadi pelaku tata kelola SDA yang berkelanjutan baik untuk ekonomi, ekologi dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Para peladang yang berada dilapangan, yang bersentuhan langsung dengan SDA. Saya titipkan semangat pengelolaan SDA yang berkelanjutan kepada masyarakat peladang. kalau bukan kita, lalu siapa lagi yang akan peduli dan menjaga SDA kita”. Ujar Yessy, dihadapan para peladang yang hadir.

Disisi lain, Yessy Melania, SE juga mendorong Pemerintah Daerah dalam hal ini dinas pertanian dan dinas perkebunan untuk bersama-sama berkolaborasi dalam mendampingi masyarakat peladang dalam melakukan pengelolaan SDA yang berkelanjutan.

“Pendampingan dan bimbingan dari para penyuluh sangat penting bagi masyarakat peladang. Terkait keterbatasan penyuluh atau pendamping pertanian, akan saya memperjuangkan dan menyuarakannya di Senayan dalam rapat-rapat kerja di Komisi IV”. Pungkasnya

Diakhir acara sosialisasi tersebut, Yessy mengucapkan terimakasih bagi para peladang yang sudah dan terus menjaga budaya dan menjaga SDA lewat “BAUMA” sebagai identitas budaya dayak. Terus menjaga budaya dan terus menjaga alam kita.[] Ade Shalahudin