Desa Tanjung Sari Hanya Mampu Salurkan BLT-DD Tahap 7 Tahun 2020

Melawi, metroindonesia.id – Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 3 periode 7, 8 dan 9 Tahun 2020 Desa Tanjung Sari, belum dapat direalisasikan sepenuhnya. Rabu, 25/11/2020.

Pemerintah menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) untuk dilakukan pembahasan bersama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai Surat Edaran Bupati nomor 140/941/DPMD/2020 Tentang Bantuan Langsung Tunai.

Dalam musyawarah yang di gelar bersama KPM, Pemerintah Desa Tanjung Sari akhirnya hanya mampu menyalurkan BLT-DD tahap 3 pada periode ke 7, sedangkan untuk periode 8 dan 9 tahun 2020 tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan Dana yang dimiliki.

“Musdessus ini kita selenggarakan karena memang sesuai ketentuan yang telah diatur dalam surat edaran Bupati Melawi terkait BLT-DD. Selain itu kemampuan keuangan Desa tidak memungkinkan untuk menunaikan tahap 3 periode 8 dan 9, jadi yang mampu di fasilitasi berdasarkan hasil Musdessus adalah periode ke 7 BLT-DD tahun 2020”. Ujar M. Taufik, Kepala Desa Tanjung Sari.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tanjung Sari, Sarminah mengatakan Musdessus ini merupakan agenda yang harus dilakukan bersama Pemerintah Desa untuk membahas BLT-DD. KPM yang hadir juga sudah menyetujui, jika Pemerintah Desa Tanjung Sari hanya mampu menyalurkan tahap 3 periode ke 7 saja. Karena keterbatasan anggaran keuangan Desa.

“Musdessus merupakan agenda final untuk menentukan penyaluran BLT-DD tahap 3 periode ke 7, 8 dan 9 tahun 2020. Karena Desa Tanjung Sari tidak mampu untuk membayar BLT-DD periode 8 dan 9 maka perlu di lakukan musyawarah khusus bersama keluarga atau perwakilan KPM. Dalam musyawarah tersebut telah disepakati hanya dapat direalisasikan 1 bulan saja BLT-DD tahun 2020”. Tutupnya.

oleh : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI