Humas Polres Melawi Imbau Masyarakat Agar Waspada

Melawi, metroindonesia.id | Beberapa hari ini intensitas hujan di beberapa wilayah Kabupaten Melawi cukup tinggi. Hal ini mengharuskan kita untuk selalu waspada, terutama tentang banjir dan situasi keamanan disekitar kita. Selasa, 24/11/2020 sekitar pukul 23.00 rumah walet milik seorang warga Desa Tanjung Tengang, Kecamatan Nanga Pinoh di bobol maling. Kerugian ditaksir sekitar Rp. 22 juta rupiah.

Bripka Arbain, Paur Humas Polres Melawi

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Paur Humas Bripka Arbain mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada tentang intensitas hujan yang tinggi, yang bisa mengakibatkan banjir serta pencurian di lingkungan sekitar kita.

“Intensitas hujan yang tinggi bukan hanya menyebabkan banjir dan longsor tapi juga menyebabkan terjadinya pencurian. Sudah ada beberapa aduan dari masyarakat tentang pencurian, kami mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap situasi sekitarnya, jangan lengah dan tertidur pulas apabila suasana dingin dan hujan, biasanya itu kesempatan para maling beraksi”. Ujar Arbain.

“Akhir-akhir ini yang marak terjadi pencurian rumah walet, tadi malam rumah wallet milik salah seorang warga di Tanjung Tengang dibobol pencuri”. Sambungnya.

Lebih lanjut, Arbain mengatakan, dari kejadian yang sudah pernah ditangani, dalam melakukan aksi biasanya para pelaku bekerja sama dengan cara berbagi peran. Masing-masing dari pelaku ada yang mengawasi kondisi luar gedung rumah walet dan juga ada yang masuk untuk mengambil sarang walet. Dalam kejadian pelaku masuk ke dalam gedung rumah walet dengan cara merusak dinding gedung.

Sementara itu, pemilik rumah walet, mengatakan bahwa rumah walet miliknya tidak ada yang menjaga. Karena jarak rumah walet sekitar 100 meter dari rumah. Pagi hari saat melihat ke rumah walet dinding samping sudah berlubang di bobol maling.

“Karena hujan sejak sore kemarin, hingga malam hari, saya tidak tahu persis kapan rumah walet itu di bongkar maling, karena kondisi lelah saya dan keluarga langsung istirahat. Saat pagi melihat rumah walet saya lihat bagian dinding samping sudah bolong berlubang” Ungkapnya.

Oleh : Humas/Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI