14 Desa Terpencil di Kabupaten Melawi, Bakal di Bangun PLTH dan Jaringan Internet

Melawi, metroindonesia.id – Dalam upaya membuat Melawi Terang dan Melawi berdering, Perseroan Terbatas Panah Perak Megasarana (PT. PPM) dan Perseroan Terbatas Kandaruang Andela Sarana (PT. KAS) sebagai mitra kerja bakal membangun jaringan listrik tenaga hybrid dan jaringan internet (4G) 14 Desa di Kabupaten Melawi.

Kimroni, SH.,MH., Selaku Manager Area PT. KAS Kabupaten Melawi mengatakan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) dan jaringan internet merupakan upaya membantu pemerintah dari sektor swasta untuk mewujudkan Melawi terang dan Melawi berdering.

“Kehadiran kami dari sektor swasta dalam pembangunan PLTH dan jaringan internet merupakan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Melawi terang dan Melawi berdering. Mengenai lokasi pembangunan PLTH adalah Desa-Desa yang masih terisolir dari penerangan dan jaringan internet”. Ujar Kimroni. Rabu, 18/11/2020, saat ditemui diruang kerjanya.

Lebih lanjut, Kimroni mengatakan, bahwa saat ini material utama untuk 14 Desa pada kloter pertama dalam waktu dekat ini akan tiba di Kabupaten Melawi, selanjutnya akan segera distribusikan kepada Desa sasaran yang sudah mengusulkan pembangunan PLTH tersebut.

“Adapun Desa-Desa sasaran yang akan dilakukan pembangunan PLTH yakni, Desa Upit, Entebah, Nyanggau, Laman Mumbung, Teluk Pongkal, Tangkit, Nanga Libas, Gelata, Ganjang, Togan Baru, Harapan Jaya, Laja, Maris dan Desa Merpak. Desa-Desa tersebut belum tersentuh fasilitas listrik dan jaringan internet”. Terangnya.

Seperti yang dituturkan oleh Kimroni, bahwa diperkirakan tanggal 24 November 2020 mendatang, segala material berupa solar panel dan tiang wind turbin yang akan di kirim ke Kabupaten Melawi dari Jakarta.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Melawi (red.Panji.S.Sos.) yang telah memberika support kepada perusahan kami dalam perizinan usaha. Serta tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada ibu Yessy Melania yang juga Anggota DPR RI dari Partai Nasdem yang telah begitu banyak membantu program ini”. Ucap Kimroni.

“Memang ini investasi swasta, Kami hadir dengan konsep Melayani, agar anak-anak di Desa terpencil sebagai penerus generasi bangsa di Kabupaten Melawi mampu bersaing dengan anak-anak yang berada di daerah perkotaan. Dengan keberadaan PLTH dan jaringan internet nantinya, anak-anak di Desa dapat belajar dengan tenang dan masyarakat di desa juga dapat mengakses berbagai informasi positif melalui jaringan internet”. Sambungnya.

Kimroni juga berharap, program PLTH dan jaringan internet ini dapat direalisasikan secepat mungkin, agar segera dapat segera di akses dan dinikmati oleh masyarakat di Desa sasaran.

Oleh : Ade Shalahudin Al ayubi

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI