Satu Kecamatan Tiga Minggu Hidup Tanpa Air

Bantuan Air Bersih yang di harapkan tiada datang

Humbahas, metroindonesia.id – Sudah tiga minggu warga satu Kecamatan Peranginan tidak menerima sumber air sebagai kebutuhan mahluk hidup.

Kesulitan masyarakat akan kebutuhan air bersih seperti tidak menggubris hati nurani pemerintah daerah dan Kepala UPT PDAM untuk memberikan pasokan air bersih kepada warga.

Masyarakat beralih ke Sumur Bor

3 Minggu mati total penyaluran air bersih PDAM amat terasa bagi warga
khususnya di desa Sihonongan dan desa Lumbanbarat, awalnya air  masih mengalir antara 1 sampai 2 jam itupun keluarnya sangat kecil.

Keluhan warga seperti nya tidak mendapat respon dari Liston sebagai Kepala UPT PAM dan terkesan tidak bertanggung jawab.

Sementara informasi yang di terima dari petugas lapangan di dapat informasi  Dinamo Panel yang berfungsi hanya satu sehingga debit air masih kecil,sementara yang satunya masih dalam perbaikan ujarnya.

Salah satu warga yang tidak mau disebut identitasnya mengatakan, dirinya sangat mengeluhkan kondisi tersebut,Dikatakan, air mengalir tidak tertentu waktunya. Sehingga sering kecolongan untuk menampung. Padahal, bak penampungan air di rumahnya sudah dibongkar sejak dirinya menjadi pelanggan air bersih yang dikelola UPT SPAM itu.“Kadang air jalan jam dua dini hari. Kadang jam setengah lima dengan durasi (lamanya air mengalir) tidak lebih dari satu jam.
Hal Senada juga dikatakan warga Desa Lumbanbarat air hanya mengalir Tidak lebih kurang satu jam.
Situasi yang tidak menyenangkan tadi sudah berlangsung lebih kurang 1 bulan. “Bahkan sampai detik ini, setetes air pun tak mengalir di sana,” ujarnya
Dia sangat berharap instansi terkait dapat segera mengatasi kesulitan yang dialami warga.
“Jujur, sudah dua tahun semenjak saya jadi pelanggan air bersih, kami belum pernah merasa puas akan pelayanan pengelola air bersih ini,” ketusnya.
Sementara itu, kepala UPT SPAM Eliston Silalahi hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi.[] B.S

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI