BPD Desa Nanga Kayan Gelar MUSDES Penyusunan RKPDesa Tahun Angggaran 2021.

Melawi, metroindonesia.id – Menghadapi Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Desa Nanga Kayan, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, menggelar Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa), Rabu, 11/11/2020 pukul 08.00 Wib, di Balai Pertemuan Desa. Musyawarah di Pimpin oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Najarudin. hadir pada Musdes tersebut Pj. Kepala Desa, Wissukarni, Tokoh Masyarakat dan unsur-unsur masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua BPD, Najarudin mengatakan Musdes ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Desa yang diselenggarakan sesuai peraturan yang berlaku dan merupakan agenda wajib yang harus di lakukan BPD dan Pemerintah Desa.

“Musdes penyusunan RKP Desa ini merupakan agenda yang dilakukan setiap akhir tahun untuk menyusun perencanaan pembangunan desa untuk Tahun Anggaran 2021, harapannya agar di akhir tahun APBDES Desa Nanga Kayan sudah ketuk palu”. Ujarnya.

Sementara itu, Pj. Kepala Desa Nanga Kayan, Wissukarni, dalam sambutannya mengatakan bahwa MUSDES ini merupakan kewajiban Pemerintah Desa Nanga Kayan dalam melakukan perencanaan pembangunan di Desa. Mengingat bahwa perencanaan pembangunan di Desa dilakukan secara swakelola dan direncanakan bersama masyarakat.

“Perencanaan pembangunan di desa sesuai dengan peraturan Menteri Desa, dimana dalam perencanaannya melibatkan masyarakat yang dikoordinir oleh Dusun masing-masing untuk menyerap usulan kegiatan Tahun 2021”.ucap Wissukarni.

Lebih lanjut, Wissukarni mengatakan semua daftar usulan masyarakat nanti akan ditampung oleh Pemerintah Desa, untuk kemudian dilakukan penghitungan untuk di sesuaikan dengan kemampuan keuangan Desa. Dalam hal ini Sekretaris Desa selaku Ketua Tim Anggaran di Desa akan menyusun dan menghitung setiap usulan kegiatan yang diajukan masyarakat.

“Setelah proses penganggaran selesai dan sesuai pagu indikatif Tahun 2020 ini, maka akan kita sahkan bersama BPD. Ada empat program dalam Pemerintahan Desa, yakni Bidang Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang Pemberdayaan, dan Bidang Pembinaan”. Tutupnya.

Acara MUSDES dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan penanganan penyebaran virus covid-19, dimana peserta wajib menggunakan masker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Melawi.

Oleh : Ade Shalahudin Al ayubi

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI