Tingkatkan Pelayanan, Kades Tanjung Lay Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa.

Melawi, metroindonesia.id – Untuk meningkatkan kapasitas pelayanan masyarakat, Rabu, 4/11/2020, Penjabat (Pj) Kepala Desa Tanjung Lay, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Eka Nur Oktavian Sari, menggelar Pelatihan Peningkatan Aparatur Desa. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perangkat Desa dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tanjung Lay dengan Narasumber dari Tenaga Ahli Program Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Melawi.

Dalam sambutannya, Pj. Kepala Desa Tanjung Lay, Eka Nur Oktavian Sari berharap dengan adanya pelatihan ini aparatur Desa mampu memberikan pelayanan serta menjalankan program pembangunan yang ada di Desa. Untuk narasumber sendiri kita minta kepada Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Melawi yang memang sebagai mitra desa yang dibentuk oleh Kementerian Desa.

Pemesanan hub WA 085888691027

“Saya harap perangkat desa yang mengikuti pelatihan ini agar kedepannya mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Desa. Selain itu, mampu menyusun program pembangunan di Desa sesuai peraturan yang berlaku”. Ujar Eka.

Sementara itu, Koordinator Kabupaten P3MD Kabupaten Melawi Abdul Kadir, mengatakan, bahwa Pemerintah Desa harus memiliki tata kelola yang terukur serta manajemen yang baik dalam menjalankan roda pemerintahan di Desa. Terutama harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan mampu berakselerasi dengan kemajuan teknologi.

“Dalam memberikan pelayanan masyarakat, Desa harus memiliki sistem kearsipan yang baik. Selain itu, perangkat Desa harus mampu menyusun program pembangunan secara mandiri, terukur dan professional, pelatihan ini merupakan momentum untuk peningkatan kapasitas perangkat Desa”. Paparnya.

Kegiatan yang dihelat dimasa pandemi covid-19 tetap menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran dan upaya pencegahan covid-19. Sebelum memasuki ruangan peserta diwajibkan untuk mencuci tangan serta memakai masker dengan tetap menjaga jarak.[] Ade Shalahudin Al ayubi