Penerapan Protokol Kesehatan

Bawaslu Melawi Minta Satgas Covid-19 Bantu Awasi Pada Masa Kampanye.

Melawi, metroindonesia.id – Kamis, 29/10/2020. Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Melawi, Hamka meminta Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten hingga tingkat desa untuk mengawasi langsung penerapan protokol (Prokes) kesehatan dalam tahapan kampanye Pilkada 2020,

“Kami temukan ada pelanggaran oleh semua paslon tidak mematuhi protokol kesehatan, namun dapat dilakukan pencegahan saat itu juga, Jadi, kami minta Satgas COVID-19 proaktif mengawasi penerapan protokol kesehatan hingga tingkat desa,” ujar Hamka.

Dikatakan Hamka, salah satu syarat dalam aturan pelaksanaan tahapan pilkada pada masa pandemi COVID-19 yaitu penerapan protokol kesehatan khususnya selama tahapan kampanye. Dalam melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan pada tahapan masa kampanye, Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, perlu dukungan dan peran aktif dari Satgas COVID-19 yang sudah dibentuk mulai tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

“Pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan selama pilkada merupakan tanggung jawab kita bersama, tidak bisa sepenuhnya hanya diserahkan kepada Bawaslu dan jajaran, perlu adanya dukungan dari gugus tugas atau Satgas COVID-19 yang sudah dibentuk”. Imbuh Hamka.

Saat ditanya menyikapi adanya indikasi pelanggaran terkait penerapan protokol kesehatan selama masa kampanye, Bawaslu Kabupaten Melawi telah berupaya memberikan himbauan dan mengingatkan kepada semua pasangan calon.

“Mari kita jaga bersama-sama menerapkan Protokol Kesehatan demi terselenggaranya Pilkada Serentak tahun 2020 yang aman, lancar dan damai serta tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19”. Tutupnya.[] Ade Shalahudin Al ayubi