ULP PLN Nanga Pinoh, Resmikan Lisdes 24 Jam di 3 Desa

Melawi, metroindonesia.id – Kepala Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Nanga Pinoh, Ibnu Rajiman, Selasa, 27/10/2020, meresmikan penyalaan dan pengoperasian Listrik 24 jam di 3 Desa di Kabupaten Melawi. Secara simbolis peresmian tersebut dilakukan oleh Pjs. Bupati Kabupaten Melawi, Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si. Hadir dalam acara tersebut, asisten pemerintahan, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Sekretaris DPRD, Camat Nanga Pinoh, Camat Pinoh Utara dan Pendamping Desa.

 

Kepala ULP PLN Nanga Pinoh, Ibnu Rajiman mengatakan secara umum hanya 55% penerangan di Kabupaten Melawi yang di fasilitasi oleh PLN, selebihnya adalah penerangan listrik mandiri yang dilakukan oleh masyarakat baik dengan genset atau energi alternatif lainnya. Untuk 3 Desa ini sepanjang 25.7 kilometer sikrit (kms). Adapun 3 desa yang akan menikmati pelayanan listrik 24 jam adalah Desa Nanga Kayan, Melamut dan Suka Damai.

“Saat ini secara bersamaan ada 3 desa yang akan menikmati listrik 24 jam. Memang cukup panjang dan rumit untuk mewujudkannya, namun berkat dukungan dari berbagai komponen masyarakat akhirnya Listrik Desa (Lisdes) bisa direalisasikan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat dan pemerintah daerah Melawi sehingga Lisdes di 3 desa ini bisa terwujud”. Ucapnya.

Lebih lanjut, Ibnu Rajiman mengatakan, mesin yang ada di Nanga Kayan rencananya akan di relokasi ke kecamatan Menukung, mengingat masih ada desa dan kecamatan yang listriknya menyala 12 jam. Untuk mewujudkan Melawi terang PLN sangat memerlukan dukungan dari semua komponen masyarakat terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi.

Sementara itu, Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada ULP PLN Nanga Pinoh dalam membangun listrik perdesan, khususnya di Kabupaten Melawi yang telah melakukan pembangunan Lisdes, dengan adanya listrik desa akan membawa kemajuan bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Melawi.

“Pemerintah Kabupaten Melawi akan berkomitmen membantu PLN dalam membantu pembangunan listrik perdesaan di Kabupaten Melawi. Kita sudah mewujudkan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yaitu listrik. Ini merupakan rencana jangka panjang di Kabupaten Melawi. Tidak hanya membantu kebutuhan masyarakat berupa energi tetapi bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di desa dan meningkatkan produktifitas usaha masyarakat”. Papar Linda.

Selanjutnya, Linda mengajak masyarakat untuk terus bergandengan tangan dalam menjaga Kamanan dan ketertiban di masyarakat apalagi sebentar lagi akan di helat Pilkada di Kabupaten Melawi, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Mari kita jaga agar Pilkada berjalan lancar, aman dan damai. Kepala desa dan perangkat desa tetap menjaga netralitas. Mari kita menjaga kesehatan kita bersama kita masih dihadapannya pada masa pendemi Covid-19, Kondisi Kabupaten Melawi terakhir masih terjadi lonjakan kasus yang tidak kita inginkan”. Tutupnya.

Ade Shalahudin Al ayubi