Pilkada Melawi, Bawaslu Minta Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Pilkada Melawi, Bawaslu Minta Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Melawi, metroindonesia.id- Kordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Melawi Hamka, Jumat, 23/10/2020, meminta semua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Calon Wakil Bupati serta para pihak yang terlibat dalam kampanye agar mematuhi protokol kesehatan di musim pandemi covid-19. Data pengawasan Bawaslu secara berjenjang, belum ada satu Paslon pun yang melakukan kampanye secara virtual/daring.

“Dari 3 Paslon yang ada, belum di temukan adanya paslon yang melakukan kampanye secara virtual/daring, mengingat belum tersebarnya jaringan internet di Melawi, sampai saat ini, semua kampanye yang dilakukan Paslon menggunakan metode tatap muka.”ungkap Hamka, di ruang kerjanya.

Dikatakan Hamka, Paslon lebih memilih melakukan kampanye pertemuan terbatas disebabkan akses jaringan internet tidak tersebar secara merata di Kabupaten Melawi. berdasarkan pengawasan Bawaslu dan jajaran baru satu ditemukan pelanggaran terkait penerapan protokol kesehatan dari salah satu Paslon maupun para pihak yang terlibat dalam kampanye tatap muka pertemuan terbatas namun sudah diselesaikan.

“Ada memang salah satu pasangan calon yang mendapat teguran tertulis di salah satu Kecamatan, namun peringatan tersebut secara kooperatif diindahkan oleh Paslon tersebut. Teguran tersebut merupakan upaya dari jajaran Bawaslu untuk pencegahan penyebaran virus covid-19 di Melawi. Kami sangat mengapresiasi respon positif yg diberikan terkait teguran tersebut”. Ucapnya.

Menurutnya, Bawaslu secara terus menerus memberikan masukan dan saran saran kepada paslon untuk dalam melaksanakan kampanyenya agar memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Saran, baik secara lisan maupun teguran tertulis dari Bawaslu dan jajaran diberikan kepada Paslon yang dinilai melanggar protokol kesehatan.

‚ÄúTeguran atau peringatan secara lisan dan tertulis diberikan oleh jajaran pengawasan Kecamatan dan pengawas desa yang bertugas diwilayahnya dan tetap berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten”. Tambahnya.

Hamka juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat, paslon dan timnya agar tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana telah di atur dalam Perbub nomor 38 tahun 2020. dirinya juga meminta agar Paslon saat melakukan kampanye, menyediakan sabun dan tempat mencuci tangan, memakai dan menyediakan masker, serta hand sanitizer, dengan tetap menjaga jarak.

Ade Shalahudin Al ayubi

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI