Ini Isi Deklarasi Bersama Cinta Damai Masyarakat Kabupaten Melawi

Ini Isi Deklarasi Bersama Cinta Damai Masyarakat Kabupaten Melawi

Melawi, metroindonesia.id- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Melawi tahun 2020 beberapa komponen dan stakeholder masyarakat Kabupaten. Melawi sepakat tanda tangani Deklarasi Bersama Cinta Damai. Senin, 19/10/2020 di Aula Tri Brata Polres Melawi pukul 10.00 wib.

Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Zubir Saidi dalam sambutannya mengatakan dalam menyongsong Pilkada ke empat kali di kabupaten Melawi, kita bisa melihat sejarah Pilkada sebelumnya. Dimana pada 3 kali Pilkada sebelumnya berjalan aman, lancar dan damai. Untuk Pilkada kali ini rasa tidak elok kita mencemari dengan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat Kabupaten Melawi.

 

“Dalam demokrasi politik adanya riak-riak itu hal yang biasa. Disinilah peran Tokoh masyarakat, adat, dan seluruh komponen masyarakat agar Pilkada bisa berjalan lancar, aman dan damai. Tidak elok rasanya jika Pilkada kali ini tetcemari oleh hal-hal yang merugikan kabupaten Melawi bila kita melihat Pilkada sebelum-sebelumnya berjalan lancar, aman dan damai”. Tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Melawi Darmono mengatakan agar isu-isu primordial dalam Pilkada Melawi dikurangi.dirinya juga berkeyakinan bahwa Pilkada di Melawi akan berjalan aman, lancar dan damai serta mendukung kepada pemerintah, penyelenggara pemilu untuk bertindak tegas dan bekerja secara profesional dalam melaksanakan Pilkada.

“Isu-isu primordial dalam kampanye hendaknya dikurangi, mari kita dukung pemerintah dan penyelenggara pemilu agar bertindak tegas dan tetap professional menjalankan tugas dalam melaksanakan Pilkada”.pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Deklarasi Bersama Cinta Damai. Beberapa komponen masyarakat yang menandatangani adalah Ketua Dewan Adat Dayak, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa, Ketua Paguyuban Jawa Kalimantan Barat Melawi, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Batak, Ketua Paguyuban Pasundan “ASIH SAWARGI”, Ketua Nahdlatul Ulama, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua Muhammadiyah Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Ketua Pemuda Organisasi Melayu, Ketua Forum Organisasi Pemuda Adat Dayak, Ketemenggungan Adat Dayak
Ketua Tariu Borneo Bengkule Rajank,
Ketua Pemuda Pancasila, Ketua Peringatan Hari Besar Islam, Ketua Paroki Santa Perawan Maria Diangkat Ke
Surga Nanga Pinoh, Ketua Gereja Kemah Injil Indonesia Melawi Kiri Hilir. Disaksikan oleh Pjs. Bupati Melawi, Kapokres, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Melawi.

DEKLARASI BERSAMA CINTA DAMAI

KAMI PARA TOKOH MASYARAKAT, TOKOH AGAMA, TOKOH ADAT DAN TOKOH PEMUDA KABUPATEN
MELAWI MENYATAKAN :

1. BERTEKAD BERPERAN AKTIF MENJAGA SERTA MEMELIHARA KEAMANAN DAN KETERTIBAN
MASYARAKAT DI WILAYAH KABUPATEN MELAWI
SIAP MENJAGA PERSATUAN, KERUKUNAN DAN MEMPERERAT TALI PERSAUDARAAN SESAMA
ANAK BANGSA.
2. MENOLAK SEGALA BENTUK KEKERASAN, ANARKISME DAN TINDAKAN MELANGGAR HUKUM.
3. MENOLAK SEGALA BENTUK BERITA BOHONG/ HOAX YANG MENIMBULKAN RASA KEBENCIAN,
PERMUSUHAN BERLATAR BELAKANG SUKU, AGAMA, RAS DAN ANTAR GOLONGAN.
5. BERTEKAD MENGEDEPANKAN DIALOG DALAM SETIAP PERMASALAHAN DENGAN PRINSIP
MUSYAWARAH DAN MUFAKAT DEMI TERCIPTANYA SUASANA KEDAMAIAN DAN KERUKUNAN
KEHIDUPAN BERMASYARAKAT.

Reporter : Ade Shalahudin Al ayubi